Dapat uang melalui internet

CAPUNG, APA KABARNYA ENGKAU KINI?

22 Okt 2013
Fajar muncul pelan dari ufuk timur, semakin lama dunia ini semakin terang. Suara gagah Ayam Jago juga tidak pernah ketinggalan. Mereka beradu suara bersaut-sautan, berharap mendapatkan perhatian sang Betina. Saya terbangun, lalu beranjak mencipratkan air ke muka yang lusuh ini. Duh Gusti, terima kasih telah memberikan kesempatan kembali untukku. Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur. Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan.

Yeah. Saatnya menikmati pagi yang indah. Menyusuri jalanan desa. Dan merasakan udara segar juga embun jernih di dedaunan. Tidak lupa berpamitan kepada Emak. Dan Beliaupun mengijinkan kebiasaan anak lelakinya ini. Ku singkirkan sandal jauh-jauh serta kusingsingkan lengan kaos tinggi-tinggi. Dan sayapun siap lari pagi.

Saat lari pagi, ada hal menarik yang sering saya lakukan. Sobat pengen tau apa yang saya lakukan? Iya, saya senang berburu binatang terbang macam Capung. Capung adalah binatang cantik yang bisa terbang dan mempunyai 4 sayap yang dibagi 2 di sisi kanan dan kirinya. Binatang ini juga mempunyai bermacam-macam warna. Ada yang berwarna ungu, kuning, merah, dan lain-lain.

Saat pagi hari, Capung biasanya akrab dengan dedaunan yang basah. Mereka hinggap secara terpisah di tetehan (tanaman pagar) yang basah karena embun. Mereka akan diam dan tuma'ninah hingga beberapa jam, lalu mereka akan tebang kembali untuk mencari tempat yang lebih sejuk.

Sahabat, di desa tempat saya tinggal. Kami menyebutkan Capung dengan berbagai nama. Untuk Capung kecil biasa kami menyebutnya Tete Iyek atau Jentrung. Dan untuk Capung yang lebih besar kami biasa menyebutnya Kinjeng. Bahkan di beberapa daerah lain ada yang menyebutnya Papatong. Capung adalah nama umum di negara kita, sedangkan untuk kelas internasional Capung biasa di sebut dengan Dragonfly.

Baiklah sahabat cerita saya tentang Capung ini akan panjang. Untuk itu saya ijinkan bagi Anda yang ingin memesan kopi ataupun camilan lainnya saya persilahkan. Barangkali ada yang mau menengok facebook ataupun twitter barang sesaat juga saya persilahkan. Atau memilih lagu favorit juga boleh. Namun jangan lupa untuk kembali lagi kesini, dan bayar ongkos parkirnya. Hehee.


Beberapa bulan yang lalu, tepatnya sebelum saya benar-benar ditinggalkan oleh kawan-kawan baik saya di salah satu organisasi pencinta alam. Terlebih dahulu saya telah dikenalkan oleh filosofi hewan bersayap empat bernama Capung. Capung adalah hewan terbang hebat yang pernah saya kenal. Dan Capung juga merupakan icon sejarah dunia.

Capung adalah hewan terbang hebat dan unik. Banyak sejarah yang menceritakan bahwa Capung merupakan salah satu serangga purba. Mereka sudah ada di bumi sejak 300 juta tahun yang lalu. Fosil capung terbesar yang pernah ditemukan di bumi mempunyai ukuran lebar sayap lebih dari 3 meter. Capung juga memiliki spesies lebih dari 5000 spesies yang terdapat di seluruh penjuru dunia. Dan yang paling banyak berada di Negara kita Indonesia.

Capung juga merupakan hewan yang dapat dijadikan indikasi adanya air bersih. Dimana ada Capung, disitulah terdapat air yang bersih. Air bersih tanpa pencemaran. Jangan ragu untuk mengkonsumsi airnya, namun harus tetap berhati-hati dan waspada menggunakannya.

Capung dan air bersih adalah rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Karena Capung menaruh telur-telurnya dipermukaan air. Mereka akan senantiasa menjaga dan melindungi daerah kekuasaannya dari hewan lain. Termasuk Capung lain yang ingin mengusiknya, jadi tidak heran bila kita sering melihat mereka berkelahi di area air bersih tersebut.

Capung termasuk hewan yang ganas. Karena semenjak mereka menetas dari bertelur dan berkembang biak, maka untuk mempertahankan hidupnya mereka memangsa ikan-ikan kecil di air, termasuk plankton dan nyamuk. Semakin banyak Capung, maka dapat diprekdisikan populasi nyamuk akan semakin menurun jumlahnya.

Menangkap Capung memang tidak mudah. Karena seperti halnya Lebah, Capung mempunyai mata yang besar dan lensa yang bersegi-segi. Untuk itu Capung dapat melihat lingkungannya dari berbagai sudut. Sedikit saja mereka merasa terusik, maka mereka akan terbang dengan cepatnya.

Yang tidak kalah indah dari Capung adalah ke empat sayapnya. Capung memiliki 2 yang terbagi di kanan dan kirinya. Sayap bagian depan lebih panjang dibandingkan dengan bagian yang belakang. Coba perhatikan pada saat dia terbang. Kedua sayapnya bergerak secara bergantian. Bila bagian depan bergerak keatas maka yang bagian belakang akan bergerak ke bawah. Begitulah seterusnya.

Capung dapat dikatakan adalah serangga tercepat yang ada dibumi. Benarkah? Iya, Capung dapat terbang dengan kecepatan 50 km/jam. Capung juga dapat melakukan berbagai macam atraksi menarik di udara. Mulai dari terbang maju, mundur, serta menikuk-nikuk (manuver) di udara.

Adalah Igor Ivanovich Sikorsky. Sahabat tentunya sudah gandrung sekali dengan nama profesor yang satu ini. Salah seorang profesor yang berhasil mengembangkan gaya terbang Capung menjadi salah satu kendaraan udara hebat di dunia. Iya, kendaraan udara itu adalah Helikopter. Kendaraan udara yang dapat terbang ditempat, bergerak maju dan mundur secara vertikal.

Bagaimana sahabat, unik dan hebat kan si Capung?


Baiklah. Mungkin sekitar sepuluh tahun yang lalu.Tepatnya ketika saya masih akrab dengan dunia anak. Saya sering melihat Capung berterbangan. Mereka hinggap di beberapa tempat dan terbang kesana kemari. Sayapun berlomba untuk mendapatkannya. Tentunya juga dengan peralatan yang serba sederhana. Mulai dari plastik prapatan (seper-empat), sapu lidi, dan benang.

Dengan keahlian saya mengendap-endap, saya ayunkan sapu lidi tepat pada saat Tete Iyek itu sedang semedi menelungkupkan sayapnya. Tidak jarang Tete Iyek itu meregang nyawa. Emm... begitu kejamnya diri saya saat kecil dulu. Tragis, kadang dari kekuatan sapu lidi andalan saya, juga sempat membuat tubuh Capung dedel duwel terpisah antara kepala dan badannya. Duh Gusti ampuni hambamu ini.

Dragonfly, Capung, Dodok Erok, Tete Iyek, Capung Badak | Pacapaku
Dodok Erok | Tete Iyek | Capung Badak | Orthetrum Sabina

Gambar bagian kanan itulah yang sering saya sebut Tete Iyek. Salah satu Capung mungil yang paling banyak menderita karena berhasil saya tangkap. Tujuan saya menangkapnya adalah agar saya dapat dengan mudah mendapatkan si Dodok Erok (bagian tengah dan kiri). Setelah saya mengumpulkannya kedalam plastik yang sudah saya bawa, maka saya akan segera mengikatnya dengan benang lalu mengikatkannya dengan ranting-ranting pepohonan. Iya, saya membuat pancing dengan umpan si Tete Iyek.

Tidak lama untuk mendapatkan Dodok Erok. Hanya memerlukan sedikit waktu untuk menangkapnya. Gampang. Setelah mengentul-ngentulkan pancing dihadapan si Dodok Erok. Maka dengan sepatnya Dodok Erok menyambar pancing saya. Yes, akhirnya saya mendapatkannya.

Bahasa ilmiah dari Dodok Erok di atas adalah Orthetrum Sabina atau lebih di kenal dengan Capung Badak nama inggrisnya Green Skimmer. Salah satu Capung yang dapat dibilang ganas. Karena Orthetrum Sabina biasa menyantap jenis Capung yang lebih kecil maupun yang lebih besar ukurannya. Seperti yang saya ceritakan diatas untuk mendapatkan Orthetrum Sabina sangatlah mudah, yaitu dengan memakai umpan Capung yang lebih kecil seperti Tete Iyek.

Dragonfly, Capung, Bulus, Tete Iyek, Capung Badak Kecil Biru | Pacapaku
Bulus | Male Chalky Percher | Diplacodes Trivialis

Nah sahabat, Capung yang satu ini juga tidak kalah keren. Biasa saya dan teman-teman di desa menyebutnya Bulus, karena warna dari capung yang satu ini sangat biru. Dibandingkan dengan Tete Iyek, capung yang satu ini lebih sukar ditangkap. Larinya gesit, dan kekuatan tubuhnya juga baik.

Bulus juga dapat dijadikan umpan untuk memancing Dodok Erok. Dengan memakai umpan Tete Iyek kita bisa mendapatkan 2 Dodok Erok, sedangkan memakai umpan Bulus, kita bisa mendapatkan Dodok Erok lebih dari itu. Oleh karena itu, mendapatkan Bulus adalah sesuatu yang menyenangkan.

Nama inggris dari Tete Iyek adalah Female Chalky Percher, sedangkan Bulus Male Chalky Percher.

Dragonfly, Capung, Njrabang,  Neurothemis Terminata Jantan | Pacapaku
Njrabang | Shojotombo | Neurothemis Terminata Jantan

Dragonfly yang satu ini sering saya jumpai saat jelang sore hari. Biasanya dia hinggap di dedaunan dekat sumur (perigi) tempat saya biasa mandi. Warnanya mencolok dengan sayap yang juga merah. Biasa kami menyebutnya Njrabang (sangat merah).

Agaknya dia adalah tipe Capung yang pemalu. Terlihat dari kemunculannya setiap sore hari, dia selalu sendiri. Tidak seperti Capung-capung yang lain yang sangat gembira saat bersama. Njrabang adalah Capung mandiri.

Njrabang adalah Capung yang cukup gesit. Manuvernya nyaris sempurna. Kalau Kalian beruntung menemuinya saat sore hari, coba perhatikan! Dia akan terbang dengan berbagai gaya. Dan hinggap di ranting-ranting pohon dengan luwesnya. Bahkan cengkraman kakinya yang kuat juga dapat menompang tubuhnya sekalipun dalam keadaan terbalik.

Menurut Mbk Imelda, di Jepang juga ada Capung jenis Njrabang. Orang Jepang akrab menyapanya Shojotombo. Hal ini membuktikan bahwa di Jepang juga masih banyak berterbangan Capung-capung yang juga tak kalah indah dengan yang biasa kita temui. Bertemu dengan Capung adalah sesuatu yang menyenangkan.

Setelah saya coba mencari informasi di mesin google. Njrabang juga mengantongi nama Neurothemis Terminata. Dia adalah jenis Jantan. Sedang yang betina telihat berbeda dari kondisi sayapnya yang tidak semerah si Jantan. Biasanya yang betina terlihat aktif dan lebih banyak pencilaan dari pada yang jantan.

Njrabang adalah sosok yang pendiam dan mandiri.

Dragonfly, Capung, Ischnura Senegalensis, Capung Jarum, Kinjeng Dom | Pacapaku
Capung Jarum | Kinjeng Dom | Ischnura Senegalensis

Ischnura Senegalensis atau Capung Jarum. Salah satu Capung "mungil" yang senang dengan air yang mengalir lambat. Biasanya saya sering melihatnya di perairan sawah yang bening. Dia akrab dengan rerumputan segar yang hijau. Kami biasa menyebutnya Kinjeng Dom karena bentuknya yang sama dengan jarum.

Kinjeng Dom juga memiliki varian warna yang sangat beragam. Ada yang berwarna biru, merah hati, orange, bahkan ada yang kuning langsat serta hitam.

Walaupun memiliki ukuran yang kecil, namun tidak mudah untuk menangkapnya. Karena sedikit saja kita lengah, maka hilanglah sudah dia diantara rerumputan. Dia pandai bersembunyi, dia juga pandai menyusup kebeberapa rerumputan untuk sekedar menghindari musuhnya.

Kata nenek. Capung Jarum adalah lambang sebuah cinta. Setuhune Welas (sebenarnya cinta). Iya, itu yang saya ingat. Saya tidak begitu cendikiawan untuk menyelediki uangkapan Nenek. Namun mungkin penyebabnya adalah sepasang Capung Jarum yang sedang kawin dia akan membentuk sebuah tanda love diantara mereka berdua. Mungkinkah benar? Saya juga kurang begitu yakin.

-0-

Baiklah sahabatku yang baik hatinya. Cerita diatas adalah sebuah kisah pertemanan saya dengan beberapa Capung. Namun bukan hanya jenis-jenis diatas yang pernah saya kenal. Namun sangatlah beragam. Bahkan saya tidak dapat untuk menghitungnya. Bahagia rasanya bisa berkenalan dengan Dragonfly.

Bila ambisiku masih terus berkobar, saya ingin kembali mengulang kisah hidup yang indah ini dengan Capung-capung yang lain. Namun, jujur saya harus berkecil hati. Karena beberapa diantara yang sudah akrab saya kenal. Kini sudah jarang sekali saya temui. #SaveCapung.

*Foto-foto diatas saya ambil melalui google

47 komentar:

  1. kinjeng.. mungkin helicopter juga terinspirasi dari sini yo cak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, ispirasinya memang dari Capung/Kinjeng mas.

      Hapus
  2. ya Allah,,langka ya capung sekarang mas....cantik2,tauu aja namany kalo saya dah pusing g inget2 hehehe

    BalasHapus
  3. Mantap banget nih,,,, komplit kang, saya baru melihat jenis-jenis capung yang cantik-cantik di sini. Ternyata banyak juga ya capung yang indah warnanya. keren-keran photo capungnya/

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto-fotonya saya ambil di Google kok Mas. Soalnya saya tidak punya camera. Biasah HP jadul yang potonya ngeblur yang saya punya.

      Terima kasih ya.

      Hapus
  4. Capung ternyata macam-macam jenisnya. Allahu Akbar. Maha Sempurna Alloh dalam mencipta.

    BalasHapus
  5. Wah, baru tahu kalau capung punya banyak variant seperti itu. Bagus, gak kalah sama kupu2... Bisa diternak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Bpk Darto besedia menernak juga boleh. Namun kayaknya Capung lebih suka kebebasan deh.

      Hapus
  6. saya pernah lihat semua capung itu,, tapi ngga hapal namanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin namanya sudah beda ya Mas? Lalu sekarang masih biasa melihat Capung tidak?.

      Hapus
  7. Jernih banget mas gambar-nya
    oa mas idzin follow y blog-nya dtunggu follow back-nya mas

    BalasHapus
  8. dikampung asal saya, capung disebut kotrik. Dulu sering nyari untuk makanan burung.
    Memang benar, saya dulu sering mengamati tingkah laku capung dipagi hari yang akan selalu dieeemmm tanpa merasa terusik dengan kehadiran saya di pagi hari, dan jika matahari sudah muncul pada saat yang tepat ia akan terbang

    BalasHapus
  9. aku dulu waktu kecil suka nangkap capung pake plastik

    BalasHapus
  10. wah capung-capung yang waktu saya kecil suka ditangkapin pake plastik terutama yang warna merah itu :D

    BalasHapus
  11. sama kalo ditempatku capung kecil disebut tete iyek tapi kalo besar bambangerang :D

    BalasHapus
  12. Weleh² mendadak dadi seneng nang seset rek hehehe

    BalasHapus
  13. jadi keingetan dulu sering berburu capung waktu kecil deh.
    Oya, kalo di bandung ada mitos juga kalau anak kecil sering ngompol, udelnya ditempelin capung gitu supaya kebiasaannya ilang loh mas hehe

    BalasHapus
  14. Banyak juga ya gan macam" capung dan mereka cantik" :)

    BalasHapus
  15. jarang capung dirumah saya pak , mungkin padaa pulang kampung xixix :p

    BalasHapus
  16. Saya suka capung loh kerennn banget foto2nya ya

    BalasHapus
  17. capung nya cantik2..
    potonya keren
    tapi yang komen lebih keren *kaboor

    kalo inget capung, inget waktu kecil, jadi biar ga ngompol udele di gigitin capung :p

    haloo piye kabare rek..

    BalasHapus
  18. kebanyakan yg dibaca malah lupa mau nulis apa. hehehe....
    Oh ya, pernah datang ke desa yg penuh dengan capung dan sumber air jernih dimana-mana. tepatnya di dekat air terjun di kota Purwokerto. lupa namanya, tetapi di sekitar situ adalah sentra ikan mas dan sentra tahu.

    BalasHapus
  19. Pas aku masih di desa kalo sore paling suka nyari capung trus disimpen buat mancing di tambak esoknya. aku nyebutnya "kinjeng" heheh

    BalasHapus
  20. Banyaknya capung juga bisa jadi indikator yang menandakan bahwa udara di sekitarnya itu bersih loh...

    Salam kenal,

    BalasHapus
  21. kalau filosofi capung sdah dengar belum? itu yang katanya ada tamu kalau malam-malam kedatangan capung hehehe
    btw, fotonya bagus-bagus..

    aku ganti domain ya, follow ulang agar stay connect. Thanks..

    BalasHapus
  22. Tulisannya bagus sist, sangat menginspirasi. i love this blog

    BalasHapus
  23. Thực tế, sinh viên mới ra trường chưa hề có kinh nghiệm thì biết viết những gì vào bản cv xin việc sale? Bởi không phải ai mới tốt nghiệp cũng may mắn có cơ hội làm việc tại các công ty, doanh nghiệp. Vì vậy, sẽ không dễ dàng gì để có thể trình bày một bản CV ấn tượng khi mới bắt đầu đi xin việc. Tuy nhiên, điều đó không đồng nghĩa với việc không có cách giải quyết ổn thỏa.

    BalasHapus
  24. Nhà tuyển dụng của các doanh nghiệp thường là lãnh đạo hoặc các cán bộ cấp cao, có kinh nghiệm tuyển dụng và khả năng tìm ra nhân tài cho công ty. Họ sẽ đứng ra đăng tin trên trang tìm việc làm, nhận hồ sơ của các ứng viên rồi tạo ra các cuộc phỏng vấn để chọn ra người thích hợp nhất.

    Việc tuyển dụng nhân sự có vai trò cực kỳ quan trọng đối với hoạt động của doanh nghiệp. Nhờ quá trình này, doanh nghiệp mới có thể tìm ra những người mới có đầy đủ năng lực, có thể đóng góp nhiều cho sự phát triển của công ty.

    BalasHapus
  25. Công việc lao động phổ thông hiện nay đã nở rộ ngày càng nhiều với hàng loạt tin trên trang tuyen dung mien phi đang tuyển ở các vị trí khác nhau. Chính những thông tin tuyển dụng việc làm phổ thông này đã giải quyết được rất nhiều nhu cầu việc làm của phần đông nhân sự tại các tỉnh thành khác nhau.

    Thậm chí, có những công việc làm phổ thông hiện nay còn rất thiếu nhân sự như các vị trí giúp việc khi mà gia chủ phải bỏ ra cả triệu đồng vẫn không tìm được người. Bên cạnh đó, các công trường, nhà máy. Khu công nghiệp mọc lên rất nhiều cũng là nơi thu hút được số lượng nhân sự tìm việc làm lao động phổ thông rất cao.

    BalasHapus
  26. Đối với những bạn là sinh viên, hãy nói thẳng lý do của bạn mà bạn ứng tuyển vị trí mình muốn. Đây là mục mà bạn phải nói trơn tru nhất vì bạn phải có lý do trước đó thì mới ứng tuyển vào đây chứ. Đây cũng là một câu hỏi kiểm chứng thái độ nghiêm túc và sự quan tâm đặc biệt của bạn dành cho Circle K đấy. Bạn có thể nói là bản thân cảm thấy phù hợp với công việc này vì yêu thích môi trường năng động, trẻ trung ở Circle K, muốn kiếm thêm thu nhập riêng để trang trải phí sinh hoạt cá nhân.

    Đối với những bạn ứng tuyển vị trí quản lý, hãy nói là bạn đang chưa có việc, sau khi biết được công ty Circle K tuyển dụng, nhận thấy bản thân có đủ khả năng nên bạn đã nộp đơn xin việc vào đây.

    BalasHapus
  27. Xem tu vi 12 con giap cho chung ta cai nhin tong quan ve tai van, su nghiep, suc khoe, tinh cam hom nay, ngay mai cua moi ca nhan. Hi vong day se la nguon thong tin tham khao huu ich de ban chuan bi that tot cho moi du dinh trong tuong lai.

    BalasHapus
  28. Hiện nay có các trang việc làm nhanh và cũng có rất nhiều người đi tìm việc, do đó bạn không nên nghĩ mình hết cơ hội việc làm. Tuy nhiên, trong hàng ngàn những thông tin tuyển dụng trên mạng bạn nên cân nhắc, suy nghĩ kỹ và lưu ý một số điều dưới đây:

    - Tìm hiểu kỹ thông tin ứng tuyển: Cẩn thận tìm hiểu kỹ thông tin người đăng tuyển và công ty thông qua trang cá nhân của họ, thông tin doanh nghiệp, website, sản phẩm họ đang bán, văn hóa công ty…

    - Nhắn tin hỏi rõ công việc ứng tuyển: Sau khi bạn tìm hiểu kỹ thông tin ứng tuyển và thấy phù hợp với công việc thì việc tiếp theo là bạn nên nhắn tin hỏi người đăng tuyển về công việc, mức lương, chế độ đãi ngộ, địa điểm làm việc, giờ giấc…

    - Ứng tuyển CV: Khi bạn đã cảm thấy phù hợp với công việc, việc tiếp theo là bạn cần tạo cv của mình để ứng tuyển gửi CV cho nhà tuyển dụng.

    BalasHapus
  29. Truyện sắc là những bộ truyện có nhiều cảnh 18+, lăn lộn giường chiếu nóng bỏng. Truyện sắc có yếu tố nhạy cảm, nên cân nhắc trước khi xem. Truyện có nhiều thể loại như: Truyện ngôn tình sắc , sắc nữ, ngôn tình, sắc nặng, sắc hiệp... Bạn có thể đọc truyện online hay thể loại truyện này tại truyentr.com

    BalasHapus
  30. Với số lượng người sử dụng Internet ngày càng nhiều, có nhiều nhà tuyển dụng chọn cách đăng tuyển dụng trên mạng. Có hàng ngàn nhà tuyển dụng sử dụng dịch vụ này để tìm hồ sơ của các ứng viên. Vì vậy, bạn nên đăng ký một tài khoản trên các kênh tuyển dụng việc làm để đăng hồ sơ tìm việc. Điều quan trọng là bạn hãy làm đẹp bộ hồ sơ và topcv của mình để làm sao thu hút tạo ấn tượng tốt nhất với nhà tuyển dụng.

    BalasHapus
  31. Hiện nay các kênh tìm việc làm rất đa dạng, đặc biệt là những kênh tìm việc trên internet. Các bạn hoàn toàn có thể tìm đến những trang web tìm việc uy tín để có những sự gợi ý về công việc. Trên đó sẽ có rất nhiều doanh nghiệp, đơn vị tuyển nhân viên Đà Nẵng đưa ra yêu cầu tuyển dụng, chế độ đãi ngộ và mức lương để ứng viên tham khảo.

    Một trong những web tìm việc chất lượng được rất nhiều bạn trẻ tin tưởng lựa chọn là timviec.com.vn. Ở đây bạn có thể tìm những công việc theo ngành nghề, lĩnh vực, địa điểm cư trú. Nếu muốn tìm công ty tuyển dụng, việc làm đà nẵng bạn hãy lựa chọn tìm việc theo địa điểm để có những kết quả phù hợp nhất.

    Bên cạnh đó, với lời mở đầu của bản mẫu thư xin việc, trước hết ứng viên cần tìm hiểu thật kỹ càng về thông tin của doanh nghiệp mà mình muốn ứng tuyển. Sau đó, dựa vào những thông tin mà bản thân tìm hiểu được để có thể xác định chính xác được bộ phận chuyên môn mà mình cần phải gửi hồ sơ ứng tuyển vào.

    BalasHapus
  32. Bên cạnh kinh nghiệm mẫu cv đẹp với phần kinh nghiệm làm việc, đó là bạn chỉ nên viết vào mẫu CV những công việc có liên quan tới vị trí mà bạn đang mong muốn ứng tuyển để có thể gây ấn tượng với nhà tuyển dụng. Nếu bạn đang là sinh viên và chưa hề có bất cứ kinh nghiệm, hãy đừng ngại ngần đưa những công việc làm thêm mà bạn đã từng trải qua, những công việc này sẽ giúp cho bạn học hỏi được thêm rất nhiều kĩ năng cũng như tăng cường bản lĩnh để đối đầu với những điều khó khăn hơn ở trong công việc sắp tới mà ứng viên đang mơ ước.

    BalasHapus
  33. Mời bạn đọc truyện Chào Buổi Sáng: Ông Xã Cool Ngầu
    Của tác giả Hoàng Nhã Thần Hi, Cô cảnh sát giản dị Cố Niệm một ngày nọ vì truy đuổi một tên tội phạm mà vô tình chạm mặt với anh chàng tổng giám đốc mặt lạnh Sở Chiêu Dương. Trong mắt anh, những biểu hiện của cô rõ ràng cho thấy cô đã say mê anh một cách đắm Cũng chính vì sự hiểu lầm này lại dẫn đến sự hiểu lầm khác, giữa hai người bắt đầu phát sinh nhiều tình huống dở khóc dở cười.
    Là một cô gái đơn thuần trong trẻo, Cố Niệm luôn yêu quý và tự hào về nghề cảnh sát vì cô muốn noi theo tấm gương người cha cảnh sát đã hi sinh của mình, bất chấp sự phản đối của mẹ.
    Sở Chiêu Dương từ nhỏ đã bị dính vào một vụ bắt cóc, những cơn ác mộng cứ trở về đeo bám anh. Từ đó sự trầm lắng, ít nói cũng dần dần trở thành thói quen. Thế nhưng, Cố Niệm là một ngoại lệ, anh đã mở lòng hơn từ khi gặp được cô.
    Dĩ nhiên, định mệnh không dễ dàng vun đắp cho họ như vậy. Sự xuất hiện của nhân vật phụ Ngôn Sơ Vi, Trì Dĩ Hằng tưởng chừng là để ngăn cách bọn họ nhưng thực chất lại là cái cớ để Cố Niệm và Sở Chiêu Dương đến gần với nhau hơn, hiểu rõ tình cảm của chính mình hơn.
    Gia đình Sở Chiêu Dương chuyên nghiên cứu y học. Lần này công ty của anh bị một thế lực đen tối nhằm vào. Cố Niệm là thành viên của đội hình sự, cô nhận nhiệm vụ đến bảo vệ anh. Chuyện gì sẽ xảy ra khi hai người sống chung trong một mái nhà?
    Nếu yêu thích những truyện ngôn tình full hay, bạn không nên bỏ qua: Vợ Cũ Mất Trí , Sói Cạnh Nhà, Khế Ước Bạc Tỉ Hay Cô Vợ Nữ Cường Của Chu Tổng

    BalasHapus
  34. Bạn là một sinh viên chuyên ngành kế toán vừa mới ra trường và chưa có nhiều kinh nghiệm thực tế? Vậy phải thế nào khi các doanh nghiệp tuyển dụng kế toán mới ra trường. Dĩ nhiên, bạn không thể thiếu kinh nghiệm đi tìm việc làm.

    Tìm việc làm kế toán hay bất cứ ngành nghề nào cũng không phải chuyện dễ dàng nhưng bạn đừng vì thế mà lo lắng. Điều quan trọng hơn hết là học hỏi, trau dồi kinh nghiệm cũng như những yêu cầu cơ bản khác đối với nghề kế toán. Điều đó sẽ giúp bạn tự tin hơn khi đi phỏng vấn.

    BalasHapus
  35. Giới thiệu truyện xuyên không cuốn hút Kế Hoạch Hoàn Lương Naraku của Eiko Ngốc Tử:
    Bên trong rừng cây, một đàn chim đột ngột bay đi , tiểu cô nương lảo đảo té ngã trên mặt đất, nàng hôm nay từ rất sớm đã vâng lời tỷ tỷ lên núi hái thuốc, đang chuẩn bị đi về thì đột nhiên trước mặt xuất hiện một nữ nhân tóc rối tung, toàn thân vận y phục đen . Kaede không nhìn lầm, đây chắc chắn là Hắc Vu nữ Tsubaki mà tỷ tỷ của nàng đã từng nhắc tới.
    Tsubaki lau khô vết máu bên khoé môi, ánh mắt xinh đẹp đầy cừu hận nhìn về phía Kaede , thí thần xà Shikigami ở trên vai nàng ta thè cái lưỡi dài đỏ như máu khiến Kaede vô cùng sợ hãi , sợ tới mức rổ dược thảo trên tay cũng bị rơi luôn xuống đất, trên mặt toát ra mồ hôi lạnh, nhưng đôi mắt trong trẻo cũng có chút lo lắng nhìn vết máu bên miệng của Tsubaki. Tỷ tỷ có nói qua , gặp người bị thương thì nhất định phải cứu chữa, mặc kệ người đó là ai !

    BalasHapus