MENJALIN KEAKRABAN LEWAT SEBUAH BLOG

14 Jul 2013
Alhamdulillah. Semoga hari ini menjadi awal yang baik untuk tetap mengucap syukur kehadirat-Nya. Juga sampai saat ini, aku masih bisa menghirup oksigen sebagai bahan kebutuhan pokokku. Alhamdulillah, terimakasih Ya Allah.

Pagi ini merupakan tantangan bagiku. Karena aku harus kembali menyelesaikan PR yang sudah menggunung di buku catatanku. Kali ini, yang akan aku garap adalah Review salah satu blog teman yang sebelumnya aku belum pernah akrab mengenalnya. Beliau adalah Bpk Darto Iwan Setiawan (facebook).

Memang benar, sebelumnya aku belum pernah mengenal akrab dengan Bpk Darto. Dan Facebook kami pun juga belum berstatus "Berteman", namun seringnya wira-wiri ke sana dan ke mari perlahan aku mulai mengenal sosoknya Bpk Darto. Blogger aktif asal Semarang yang berkacamata ini.

Baiklah, yuk kita mulai reviewnya.

1. TAMPILAN BLOG

Tampilan blog merupakan agenda yang wajib kita perhatikan. Karena disinilah banyak pembaca / visitor yang jatuh cinta saat mulai masuk ke sebuah blog / web. Contohnya aku sendiri, terkadang aku juga merasa kagum kala mampir disebuah blog yang tampilannya menarik dan indah. Dalam hati "kok bisa seperti ini ya". Salah satunya adalah blognya Bpk Darto sendiri. Dengan kombinasi yang hanya beberapa warna tetapi terlihat sangat anggun dan akhirnya betah juga menggeret krusor dari klik disini hingga disana. Bpk Darto terbilang sukses membuat betah pengunjungnya.

Ada beberapa point yang akan aku bahas di tampilan blognya Bpk Darto ini, diantaranya :

1.a. Template Blog

Template yang dipakai oleh Bpk Darto sangatlah indah karena Bpk Darto memakai template yang sangat sederhana dan simple sekali. Membuat yang bekunjung semakin bertahan lama dan nyaman membaca setiap postingan yang dihadirkan.

1.b. Judul / Header Blog


Disini tertulis Pemikiran penulis blog yang sayang kalau di buang. Memang betul kreatifitas yang berpotensi macam menulis itu memang sayang untuk kita sia-siakan. Kita mesti berusaha menjadikannya lebih bermanfaat. Bpk Darto berhasil mengemas semangat pengujungnya lewat visi misinya ini. Termasuk aku sendiri. Terimakasih Bpk Darto.

1.c. Widget Blog

Salah satu yang membuat menarik sebuah blog adalah widget yang dipasang pada blog. Berbagai macam pernak-pernik sering juga dipasang pada sebuah blog demi menunjang keindahan blog itu sendiri. Namun ketika berkunjung di blognya Bpk Darto. Sangat profesional sekali, penempatan widget yang tidak berlebihan dan sesuai dengan themanya yang juga simple.


Blog Archive yang tersusun secara hierarki, membuat pembaca dengan gampang menemukan postingannya Bpk Darto dari waktu ke waktu. Namun biasanya penggunaan sistem hierarki ini kadang juga mengganggu bila penempatannya tidak sesuai dengan kondisi blog. Sejauh ini masih terlihat bagus bila dipasang pada blognya Bpk Darto.

 Label blog. Dibuat berjajar kebawah, teratur, dan rapi. Banyaknya label juga sangat mempengaruhi esensi dari empunya blog. Semakin banyak label, berarti yang punya otomastis abdate menulis dong. Dan Bpk Darto memang begitu, gemar mengabdate blog dengan menulisnya dan selalu memperhatikan setiap label posting yang publikasikan.

Tombol share adalah salah satu cara agar pembaca / visitor semakin mudah untuk memposting setiap artikelnya Blognya Bpk Darto di Facebook atau di Twitter. Alhasil, hal ini semakin menunjukkan profesionalis dari Bpk Darto juga blognya.

Sedangkan Followers, memang tidaklah mudah untuk menarik visitor untuk menaruh link ke setiap blog. Namun hal ini perlu dicoba, selain kita bisa mengabdate setiap orang yang memfollow blog kita, kita juga semakin mudah untuk mengunjunginya kembali, dan memfollownya kembali. Untuk itu kita harus selalu memposting artikel yang berkualitas tentunya.

Menaruh link ke tampilan utama blog memang sangat mempermudahkan kita untuk terus menjalin keakraban dengan kawan blogger yang lain. Karena dengan begitu kita semakin mudah untuk tau mengenai postingan para blogger yang lain. Dan Bpk Darto memang memasangnya selain untuk mempermudahkan beliau blogwallking juga agar beliau selalu siap untuk mengabdate setiap postingan rekan-rekannya. Juga berlangganan via E-mail tentunya.

Profile yang punya blog. Yap, ini juga penting sebagai identitas anda. Disini Bpk Darto menunjukkan dengan sangat detail sekali, mulai alamat e-mail, profile facebook, twitter, juga google plus nya. Jadi semakin membuat blog ini semakin profesional.

2. KINERJA BLOG

Selain tampilan blog yang menawan, kinerja sebuah blog juga harus kita perhatikan betul. Karena kenerja blog juga mempengaruhi banyak visitor untuk balik lagi setia membaca postingan yang ada di sebuah blog kita.

2.a. Kecepatan Loading Blog


Setelah dilakukan pengecekan melalui Page Speed dan hasilnya kecepatan blognya Bpk Darto ini cukup baik dan juga cepat. PageSpeed Score of 94 (out of 100).

2.b. Page Rank

Sementara untuk Page Rank, diatas sudah diketahui adalah masih nol (0). Dan memang perjuangan yang keras untuk meningkatkan Page Rank. Dan begitupun punyaku juga masih (0) walaupun usia dari pada blog memang tergolong lama.

2.c. Traffic Range


Dan ini merupakan hasil Traffic Range via Alexa, yang sengaja sudah kupasang di tolbar komputer. Dan hasilnya pun juga masih kurang maksimal, dan inipun juga perlu kerja keras dan usaha yang tidak main-main. Sementara punyaku pun juga masih terbilang belum cukup memuaskan, dan ini membuat kita harus terus berusaha untuk meningkatkannya. Semangat Bpk Darto.

2.d. Indexing to Google

Dan itu adalah hasilnya, terindek oleh google dengan baik dan cepat sekali. Dan juga saya coba search dengan tag line salah satu postingannya Bpk Darto, hasilnyapun juga memuaskan walaupun berada di bagian tengah namun masih tetep di halaman pertama.

Terakhir, sekedar saran saja untuk Bpk Darto : Mohon lebih komunikatif lagi Pak, dalam mempromosikan blog Bpk. Agar visitor juga semakin meningkat dan tidak menutup kemungkinan dengan banyak teman, akan semakin membuai ispirasi Bpk Darto juga semakin bertambah, dan akhirnya membuat semakin bervariasi setipa artikelnya yang diposting.

Dan untuk yang lainya, seperti warna. background, font, juga size, semuanya tidak ada masalah bagi saya. Apabila memang Bpk ingin menambahkan sentuhan yang beda untuk blog Bpk, monggo saja, selam itu lebih baik dan bagus untuk kedepannya.

Review bagiku adalah salah satu cara agar pihak yang mereview dan pihak yang di review semakin bertambah dekat dan kekeluargaan tentunya. Bukan bermaksud untuk mengatur Bpk Darto, namun di review ini aku hanya ingin memberikan tambahan saran yang menurutku itu lebih baik.

Terimakasih Bpk Darto atas GAnya, semoga semakin sukses kedepannya. Salam persahabatan dari kota kecil Jember.



 

18 komentar:

  1. Review yang komplit dan meliputi segala aspek blog
    Semoga berjaya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur sembah nuwun Pakdhe.

      Salam hormat selalu.

      Hapus
  2. Aih... semakin keren saja tulisanmu ;)

    BalasHapus
  3. Wow..wooww!
    Paket komplit istimewa nih reviewnya.
    Keren mas Jaswan. Semoga sukses dengan GA-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa kayak toko pecah belah aja pakek complite.

      Terimakasih ya Bunda.

      Hapus
  4. Review-nya lengkap banget.
    Punyaku di review dong kak. Biar kayak temen-temen gitu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya bikin GA dong mas, nanti baru saya review.

      Heheee *ngarep ikut GA lagi. :-d

      Hapus
  5. Balasan
    1. Alhamdulillah bila Bpk Darto berkenan memberikan apresiasi yang demikian membuat saya senang.

      Terimakasih Bpk, atas konfirmasinya.

      Hapus
  6. Ihiiir, jago ngeripiew juga ya, Om. . .
    Aku malah urung meluu. .. :D

    Moga menang, yaaa. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mbk, keburu habil lo.

      DL tanggal 17 ini.

      Wahhh payahhhh. b-(

      Hapus
  7. BTW, tak rasa2, tak pandang2, koq template kembar yo. ..
    http://galeriidah.blogspot.com

    Haghaghaghag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo bener juga ya, hehehee

      Sebenarnya masih baru kok ini Mbk, baru tak pakek beberapa hari.

      Saya suka sekali. GPP wes. [-(

      Hapus
  8. Semoga sukses sob giveaway-nya. mau ikutan tapi kok belum ada ide mau review dari segi yang mana. Berkeliling kesana-kemari rata-rata yang di review kok sama. Template, loading blog, kinerja.

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Banget mas bukan anget, itukan jajan kalau anget. (f)

      Hapus