BLOGGER ADALAH SEBUAH PILIHAN

17 Sep 2013

 “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer). 

Sahabat, banyak hal yang mendorong saya untuk tetap menekuni dunia menulis. Salah satu diantaranya adalah kalimat tebal diatas. Serentetan kata-kata yang terdengar indah. Sederetan makna yang selalu membuat bangga bagi siapa saja yang menjiwainya. "Menulis adalah bekerja untuk keabadian".

Sangat setuju. Salah satu bukti nyata adalah yang di alami oleh (Alm) Pramoedya Ananta Toer sendiri. Walaupun kini beliau sudah tidak lagi bersama-sama kita, namun seakan beliau masih tetap hidup bernafas lewat banyaknya karya-karya yang dihasilkan oleh tangan ramah beliau. Pramoedya Ananta Toer adalah inspirasi yang tak akan pernah lekang oleh berjalannya waktu.

Baiklah sahabat semoga pembuka tadi dapat sedikit memberikan tambahan semangat untuk kembali menghasilkan karya-karya apik nan berkarakter.


Bercerita tentang pengalaman ngeblog (menulis), ada hal yang membuat saya begitu sangat mencintai dunia lama namun baru ini. Kenapa?, karena sedari kecil saya mengklaim sudah berprofesi sebagai seorang penulis. Walaupun tulisan saya bersifat pribadi dan tidak boleh ada yang tau. Hehee betul saya adalah penulis buku diary. Ada yang berbeda dengan buku diary saya di bandingkan dengan buku diary anak-anak jaman sekarang. Cerita saya selalu saya tulis setiap harinya kedalam buku bergaris berukuran folio yang sengaja saya beli khusus sebagai wadah mengungkapkan isi hati. Begitu rajinnya menulis hingga buku diary saya kini mencapai 3 buku. Rajin kan?.

Bagi saya tulisan tangan saya sangatlah sederhana. Namun banyak juga beberapa rekan-rekan saya yang tetap memprotes pendapat saya. Mungkin hal itu di pengaruhi oleh kegemaran saya menulis di papan tulis sejak masih berseragam merah putih di sekolah dasar hingga seragam itu menjadi putin abu-abu di sekolah menengah. Saya selalu menjabat sebagai pengurus kelas ketika bersekolah dulu. Untuk itu Bapak/Ibu guru sering menyuruh saya untuk menuliskan materi ke papan tulis.


Seiring perkembangan teknologi dan juga pergaulan yang kian luas. Akhirnya saya di pertemukan oleh salah seorang blogger yang setiap hari kehadirannya di jagat maya selalu di rindukan. Dia adalah Mas Lozz Akbar. Salah seorang pria dengan segala tempramen dan juga keuletannya mampu membuat saya untuk turut serta menapaki karir nya di dunia menulis. Blogger adalah suatu media ekpresi diri, pengembangan ide, memperluas imajinasi,  sekaligus prilaku untuk dapat lebih baik dan mencoba lebih baik.

Lewat semarak pesta kecil Blogger Hibah Sejuta Buku (BHSB) yang diadakan di Jember juga berhasil membawa saya bertemu dengan beberapa blogger kondang. Salah satunya adalah Pakdhe Cholik. Saya takjub karena beliau sanggup membagi waktunya dengan baik. Membagi waktu antara keluarga dan dunia menulisnya. Sebuah biografi yang menjadikan saya lebih bersemangat dan mantab untuk menekuni dunia menulis ini. Dan dari sini, mengenal banyak blogger lain, penulis buku, bahkan penerbit buku. Membuat semuanya semakin indah seiring waktu.  Terimakasih sahabat, terimakasih atas semua apresiasi kalian.


Dan sampai saat ini. Berusaha konsisten menulis, berusaha menempati janji untuk berkunjung ke blog banyak sahabat, dan berusaha untuk menyajikan informasi yang bebobot dan berkualitas. Dan demikianlah yang saya rasakan, dari posting satu ke posting yang lain, membuat saya semakin teristimewa. Mungkinkah tulisan saya semakin baik?. Semoga saja seperti itu. Dengan semakin banyak yang berkomentar, dan juga semakin banyak yang memfollow blog ini. Alhamdulillah.

Saya semakin berjibaku saat beberapa kontes dan GA berhasil saya menangkan. Bahkan Mama saya sempat mengelus rambut kecil saya manakala saya mendapatkan kiriman buku dari beberapa lomba yang saya menangkan. Dan tempat buku yang khusus saya sediakan kini semakin bertambah padat dan sempit. Mulai dari buku fiksi, tutorial ngeblog, dan bahkan novel anyar juga sudah saya dapatkan tanpa membelinya.

Semuanya adalah kebanggaan. Semuanya adalah hasil. Dan semuanya adalah jerih payah yang dimulai dengan hati ikhlas dan tetap bersyukur. Menjadi seorang Blogger adalah pilihan yang tidak akan pernah saya sesali sampai kapanpun. Insyaallah.

***


Dear Mbk Ika Koentjoro
Saya ucapkan selamat atas dikibarkannya berdera baru ikakoentjoro.com di blognya panjenengan. Pastinya ini adalah wujud nyata semakin konsistennya anda menulis. Semoga dengan My 2nd GiveAway ini semakin membuat ikakoentjoro.com menjadi lebih baik di dunia maya dan lebih ramah di kalangan masyarakat luas.

Dan postingan ini saya persembahkan khusus untuk turut merayakannya. Dengan harapan ikatan persahabatan kita semakin lebih bermakna kedepannya. Terimakasih. Salam dari Kota Jember.



39 komentar:

  1. Mantap.. keren banget kata mtiaranya.. sayangnya blog ane udah terlanjur tercemar.. lari ke bog Copas -_-. hehe tapi ada juga blog tulisan sendri, namun tidak dipublikasi karena banyak ceritaain hal pribadi. XD

    mantap mas.. lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus percaya diri dong.

      Ngeblog kan juga perjuangan untuk dapat menghasilkan tulisan yang informatif.

      Terus semangat sahabat. Jangan pantang menyerah.

      Terimakasih salam dari Jember.

      Hapus
  2. Bagus Mas Jaswan tulisannya.. Mudah2an saya juga bisa ketularan tekad dan semangatnya deeh.. :-D
    Sukses selalu dan semoga bisa terus menginspirasi lewat tulisan-tulisan di Pacapaku..

    Saya pasti doain supaya tulisan ini bisa menang GA nya Mbak Ika Koentjoro..
    #tapi kalau saya ikut juga, iyaa saya doain punya saya doonk.. huahahah.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terimakasih dec Chaidir.

      Ayo segera menyusul mumpung masih panjang DL nya.

      Jangan daftar mefet-mefet nanti malah kejedot koneksi lo.

      Hapus
  3. Menulis sebenernya menuliskan sejarah siapa diri kita. Kalau belum bisa mencetuskan sebuah buku seperti pakde, ya ngeblog saja.

    Nanti tulisan di blog kita, kita jadikan buku aja dengan model self publishing. Satu buku aja boleh apa nggak ya kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Yitno sudah saatnya bikin buku tuh

      Hapus
    2. Pak Yitno : Kayaknya yang harus bikin sebuah buku panjenengan deh Pak, soalnya kan tutorial bloggingnya sudah sangat lengkap itu.

      Ayo kapan bikin bukunya. Saya tunggu.

      Hapus
    3. Pk Kies : Betul itu pak. Saya juga sependapat.

      Tinggal nunggu pak Yitno nya ini.

      Kapan terealisasi pak Yitno. Sikat wess...

      Hapus
  4. Saya juga nggak pandai menulis Kang, dan dengan belajar dari blogger-blogger senior dan saling silaturahim, kitapun menjadi bisa merangkaikan kata menjadi tulisan. Meskipun sampai kini tulisan-tulisan saya masih sangat sederhana. Namun ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari ngeblog. Bertambah sahabat, dan bertambah wawasan
    Moga menang Kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah. Betul sekali Pak.

      Ngeblog memang banyak memberikan manfaat bagi kita.

      Hapus
  5. Betul. Ngeblog adalah sebuah alternatif. Meskipun sebuah alternatif, ngeblog juga tidak bisa dipandang sebelah mata, aktivitas ngeblog membutuhkan cadangan energi pikiran, suasana lingkungan yang kondusif, dan good-mood. Meskipun demikian, ngeblog itu asik, menghibur, media yang terpercaya saat kita ingin curhat. Ngeblog juga merupakan ladang penghasilan. Yang terpenting, bagaimana menjaga konsistensi dan komitmen dengan cara membangun mood dan mengembangkan ide dan kreativitas, agar seorang blogger tetap eksis.

    Jangan takut ngeblog, sejatinya ngeblog itu mulia, ia turut mencerdaskan anak bangsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah komentar yang satu ini benar-benar mengispiratif sekali.

      Saya kembali salut kepadamu Pak.

      Setuju sekali. Jangan takut untuk ngeblog, karena ngeblog itu mulia.

      Terimakasih Pak sudah berkunjung kemari. Mari ramaikan jagat maya.

      Salam dari kota Jember.

      Hapus
  6. asiiik, lanjut cak
    asik tuh kalo kita punya buku ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja kesampaian yo Mas.

      Minta do'anya saja.

      Hapus
  7. Wuih... ulasannya panjang..
    GUdlak ya, Jaswan :)

    BalasHapus
  8. Jarang2 lho, laki2 menulis di buku diary. . :)
    Semoga menang ya, Mas. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee iya Mbk. Terimakasih sudah berkunjung kemari.

      Hapus
  9. mari menulis lagi jas, kemudian dibukukan di lembaran kecil kemudian diterbitkan :D

    saya juga ingin terus menulis dan membuat buku jas, semoga ada kesempatan dan juga ide ide cemerlang untuk menulis buku :D

    sukses buat GA nya cong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Duh jadi banyak do'a nih hari ini.

      Kesuwun yo sam. Ayo podo semnagat nulis.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Masak sih Pak. Hehehee

      Thank you Pak Darto.

      Hapus
  11. Mas Jaswan, nulisnya makin joss aja nih dari hari ke hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah saya masih newbie kok Bunda.

      Kalau semakin bagus ya Alhamdulillah.

      Terimakasih Bunda sudah banyak menginspirasi.

      Hapus
  12. sip mas, akan saya buntuti jejaknya mulai dari sekarang, dan perlahan..heheh

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mas, awas kentutku bau lo kalau dari belakang.

      Hehehee salam kenal juga dari kota Jember Mas heru.

      Hapus
  13. Pramudya ananta nur itu di kampusku trkenal banget juga,
    ttp semangat nulis, mas biar bs bt amal jariyah!! Keep fighting!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbk.

      Betul sekali, menulis bisa jadi amal jariyah.

      Semoga konsis nulisnya. Amin.

      Hapus
  14. Iya Mas Imam, setuju bahwa blogger adalah profesi pilihan. Karena profesi ini kebanyakan gak ada yang bayar, passionnya murni karena hobby :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbk Evi.

      Kita harus memanfaatkan sebaik mungkin yang sudah di gratiskan di dunia ini.

      Hapus
  15. suka banget Quotes-nya..
    menulis memang pilihan yang menyenangkaann...setuju too :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget Mbk Enny.

      Thanks ya sudah berkunjung.

      Hapus
  16. happy writing. keep your writing's spirit.
    jangan sampai mlempem sepertiku dan jadi males nulis. xixixi.....

    BalasHapus
  17. mantap mas bro...,,, semoga blog ane jg makin di kenal... :D

    BalasHapus
  18. Photo saya nongol disini. Hi..hi..jadi malu
    Terimakasih atas partisipasinya mas :)

    BalasHapus
  19. MANTAP! salam blogger indonesia!

    BalasHapus
  20. bagus banget artikel ini mas, memang benar sejelek2nya artikel kita tp itu adalah hasil buatan sendiri. lebih profesional dan lebih kreatif. itulah manfaat di dunia blogger. salam kenal :)

    BalasHapus