IPK - IKATAN PEMUDA KARANG DUREN

9 Des 2013
IPK (Ikatan Pemuda Karang Duren) - Balung - Jember
Keluarga Besar IPK | Ikatan Pemuda Karang Duren
Semua orang pasti mempunyai target dalam hidupnya. Begitu pula dengan saya pribadi. Saya mempunyai sebuah keinginan, cita-cita, serta harapan yang menjadi target dalam hidup ini. Walaupun target tersebut pernah tertunda sebab berbagai situasi dan kondisi yang tidak mendukung, saya tidak berkecil hati. Dengan tekad yang sekuat hati dan sekuat tenaga, saya berusaha untuk mewujudkannya secara nyata dan dapat dinikmati manfaatnya.

Sebuah cita-cita maupun target akan terealisasi bila kita tidak berhenti untuk berdo'a meminta kelancaran dariNya. Bukan hanya berdo'a, namun kita harus berusaha dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Tetaplah bersikap rendah hati dan selalu berusaha tekun mencobanya walau itu kurang maksimal. Karena secara tidak langsung usaha dan kerja keras itulah yang akan menjadi pondasi utama yang kuat dan akan membuat target dan proyek itu bertahan dalam waktu yang lama.

Baiklah sahabatku semua yang baik hatinya. Yuk ikuti perjalanan saya dan rekan-rekan saya dalam membangun dan mendirikan sebuah progam kegiatan yang Insyaallah hasil dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Khususnya bagi masyarakat di desa tempat saya tinggal.

Saya hidup dan bertahan dari sebuah keluarga yang cukup sederhana. Sehingga pada setiap harinya, saya dan kedua orang tua harus terus bekerja keras untuk menyambung dan mencukupi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Ayah saya bekerja sebagai tukang narik becak di Kota Pahlawan. Sedangkan Mama saya aktif berkencimpung sebagai devisi controler juga pemetik tembakau di desa tempat kita bernaung. Dan sementara saya, harus terus bekerja sebagai tukang jaga parkir di sebuah warung internet di wilayah Kecamatan. Namun kita tetap bersyukur dengan rezeki yang kita dapatkan. Dan Alhamdulillah, saat ini kami sudah mempunyai rumah sendiri dan saya dapat menanggung biaya sekolah adik yang masih duduk di bangku menengah pertama.

Sebagai anak desa yang besar dengan kehidupan yang sederhana. Bukan berarti saya tidak punya cita-cita dan keinginan. Almarhumah nenek dulu pernah nuturi saya begini. "Bercita-citalah yang tinggi walau kau besar sebagai seorang anak desa, berusahalah mewujudkan keinginanmu walau banyak rintangan yang kau hadapi, berdo'a dan berusahalah". Nasehat inilah yang membuat saya semakin bersemangat untuk mewujudkan keinginan dan cita-cita yang  sudah menjadi impian saya sejak lama.

Berawal dari kebiasaan saya yang senang dengan bersosmed ria. Saya membentuk sebuah Group di wall facebook saya. Bocah Karang Duren (BKD) itulah namanya. Sebuah nama group yang sekilas memang sederhana, namun saya mempunyai tujuan dari itu semua.

Pertama : saya ingin mengetahui tentang kabar dari beberapa teman seangkatan waktu masih duduk si bangku sekolah dulu.
Kedua : saya ingin mengumpulkan banyak kawan desa yang sedang merantau di berbagai daerah, dengan harapan mereka dapat mengetahui kabar desanya.
Ketiga : saya ingin berbagai informasi untuk para kawan-kawan di desa tentang berbagai berita serta hal menarik dari Desa Karang Duren tercinta.

Alhamdulillah ternyata di bentuknya group di wall facebook tersebut mendapatkan respon positif dari banyak kawan. Mereka senang dengan adanya group BKD. Mereka juga senang masuk kedalam anggotanya. Sayapun demikian, gembira, karena saya merasa sudah memberikan sedikit ruang berbagi bagi mereka semua. Khususnya para masyarakat yang memiliki akun facebook.

Selang beberapa bulan berlalu, BKD sudah mengumpulkan sedikit banyak 200 anggota yang masuk dalam group tersebut. Banyak cerita, banyak informasi, juga banyak guyonan yang kita bangun. Semuanya positif, dan saya menghargainya. Sedikit manfaat dari terbentuknya group itu mulai terasa. Iya, ternyata kami semua dapat guyup rukun dalam hidup bersosial.

Semakin lama berbagi, semakin solid pula hubungan kami. Iya, tepatnya tanggal 11 November 2013, terdapat posting mengejutkan yang membuat semuanya sedikit fokus dan membaca dengan mata yang sedikit melebar.
Assalamualaikum. sedikit usulan, dengan semakin ironisnya keadaan pemuda dikalangan remaja saat ini, saya punya sedikit inisiatif, kita sebagai pemuda yang mau peduli pada nasib remaja di desa karangduren tercinta ini, bagaimana kalau kita membuat sebuah kelompok belajar untuk meningkatkan kualitas SDM di Desa kita ini? Untuk tenaga pengajar dari pihak kita sendiri secara sukarelawan yang merasa mampu dan mau, monggo komentarnya....!
Jujur saya kaget. Posting tidak terduga ini mendekam begitu saja tanpa ada komentar satupun hingga 2 hari. Mungkin semua anggota tertegun sama seperti saya. Tanpa berfikir panjang sayapun mencoba memberikan tanggapan dari usulan tersebut.
 Ide bagus Mas, namun hal itu perlu kita bicarakan secara serius. Terima kasih ya.
Sekejap saya langsung menghubungi beberapa teman yang dapat menjadi patner saya dalam menanggapi usulan tersebut. Puji Syukur kembali saya panjatkan. Respon dari masing-masing teman sangatlah positif, mereka semua bersedia bersama-sama mengembangkan usulan tersebut.

Akhirnya dengan senyum dan syukur yang berlipat-lipat saya mengumumkan hari pertemuan kita untuk membicarakan usulan tersebut secara lebih lanjut. Iya kami semua pemuda desa berkumpul untuk bermusyawarah. Alhamdulillah.
Dear sahabat saya yang baik hatinya.
Menanggapi usulannya Mas Sulun yang di posting di Wall Group BKD pada tanggal 11 November 2013 yang lalu. Sudah dapat diputuskan bahwa :

Hari / tanggal : Minggu / 24 November 2013
Pukul : 08.00 WIB hingga selesai
Tempat : Balai Desa Karang Duren
Acara : Musyawarah Pembuatan Kelompok Belajar

Untuk hal-hal lain dapat kita rembuk bersama melalui post comment atau melalui inbox Facebook saya.
Demikian yang dapat saya sampaikan, atas kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

cc : Masyhudi Sulun Dina Pamuji Friska Yuri Prahesti Okyk Dwi Jatmiko Eko Sugianto Donie Nyit Nyot Bagi yang mau menyusul masih saya tunggu.

@dmin BKD
Keinginan saya yang sempat terpendam selama ini saya  buncahkan dalam Musyawarah Perdana itu. Bahwa saya ingin mendirikan sebuah Komunitas untuk menampung ide, dan ruang untuk berbagi, khusunya untuk para remaja dan masyarakat desa umumnya. Alhamdulillah kembali saya panjatkan. Usulan saya diterima baik oleh kawan-kawan. Dan akhirnya setelah berjalan hingga Musyawarah kedua terbentuklah IPK (Ikatan Pemuda Karang Duren) yang untuk bagian Administrasi dan Sekretaris dipegang dan dikoordinasi oleh saya sendiri. Dengan mengusung Visi "Berilmu Untuk Menjadi Insan Yang Berakhlakul Karimah".

Sesuai dengan usulan pertama, maka progam kerja jangka panjang kita untuk yang pertama adalah memberikan wadah belajar bagi siswa dan siswi Sekolah Dasar tingkat IV, V, dan VI. Iya, semacam bimbingan belajar bagi para anak-anak SD. Kita akan mencoba memberikan warna dan cara belajar yang berbeda bagi mereka dalam menghadapi problem belajarnya di Lembaga Sekolah. Dengan harapan, mereka memiliki skill dan kemampuan lebih dalam mata pelajaran demi kehidupannya di masa datang.

Lebih dari pada itu, setiap malam minggu, kita semua anggota akan belajar menjadi pencerah bagi mereka dalam ilmu agama. Mulai dari Tadarus, Tajwid, Aqidah, hingga pelajaran agama yang lain. Dengan harapan semoga visi yang kita emban dapat terlaksana dan mengena tepat dalam sasarannya.

Keluarga IPK sendiri juga sedang sibuk mengumpulkan buku-buku bacaan dan buku-buku pelajaran yang masih layak pakai untuk kita bagikan kepada mereka yang kurang mampu dalam memenuhi fasilitas belajarnya. Agar mereka juga dapat merasakan bagaimana indahnya menjelajahi dunia dengan membaca dan berbagi. Untuk itu bagi para sahabat yang berkeinginan menyumbangkan buku-buku masa kecilnya dipersilahkan, kami akan menerimanya agar lebih bermanfaat baik untuk sahabat sendiri, juga bagi mereka yang kurang mampu.

IPK (Ikatan Pemuda Karang Duren) - Balung - Jember

IPK (Ikatan Pemuda Karang Duren) - Balung - Jember

IPK (Ikatan Pemuda Karang Duren) - Balung - Jember

IPK (Ikatan Pemuda Karang Duren) - Balung - Jember

IPK (Ikatan Pemuda Karang Duren) - Balung - Jember

IPK (Ikatan Pemuda Karang Duren) - Balung - Jember

Baiklah sahabat, pribadi saya mohon do'anya agar acara yang sedang saya jalani bersama kawan-kawan saya di IPK berjalan dengan lancar. Amin. Terima kasih, salam persahabatan dari Jember.

18 komentar:

  1. serius kali musyawarahnya,kurang banyak tuh,,,kopi sama gorengan,pasti tambah seru,,heloeh hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu Hana, blogger gerak cepat ya. Belum dapat 30 Menit publis sudah comment disini...

      Terima kasih Bu. Tapi kalau nambag gorengan dan kopi kayaknya eman-eman. mending buat bayar iuran. Heheheee..

      Hapus
  2. Semoga musyawarah ini awal untuk menjalin tali silahturahmi kembali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbk Titis.

      Semoga Allah SWT mengabulkan. Amin.

      Hapus
  3. serius amat . . :D:D:D:
    salam kenal . . .

    BalasHapus
  4. hanya dalam sebulan mampu merekrut 200 anggota, sungguh prestasi yang luarbiasa,
    semoga Ikatan Pemuda Karang Duren tetap berjaya selalu,
    salam hangat dari Kalimantan Selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jabat tangan kembali dari Jember.
      Amin Ya Robbal 'Alamin. Semoga Allah mengabulkan.
      Terima kasih do'anya. Salam persahabatan.

      Hapus
  5. Duh, itu musyawarahnya cuman dapet aqua doang. Bakalan ngantuk duong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbk Ika. Nanti kalau ada banyak konsumsi malah tidak jadi Musyawarah gara-gara ngemil. Hehee.

      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  6. Luar biasa Mas.
    semoga Ikatan Pemuda Karang Duren semakin memberikan manfaat.

    Ditunggu kabarnya terus..
    semoga besok-besok saya bisa membantu dalam bentuk buku, tapi maaf kl skrg blm bisa, soalnya lagi dikampung org :)

    Lanjutkan Sam !

    BalasHapus
  7. Waa... kalo sudah mencapai 200 anggota, bukan sederhana lagi. aku yg tinggal di kota saja belum tentu dapat 50 teman FB dari desa yang sama. Ga yakin juga sih. Tai bia dicoba.

    BalasHapus
  8. salut buat mas jaswan, tetepsemangat terus cak....

    ojok lali, semakin diintensifkan keberadaan karang taruna disana mas jas, kalau butuh dana, coba konsul ke kepala desa setempat, biasanya ada dana khusus untuk karang taruna di desa yg dialokasikan dari karang taruna kabupaten

    keep spirit

    BalasHapus
  9. aku salut dengan ikatan pemuda semacam ini, mereka bisa berkreasi dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada, walau terbatas dan seadanya, namun senamgatnya itu tetap harus dipertahankan demi kesuksesan di masa depan...bravo

    BalasHapus
  10. tempat ngumpul yg bisa mmberi efek positif dalam pergaulan, salut, smoga sukses
    salam kenal sobat

    BalasHapus
  11. ramenya kalo udh ngumpul kayak gitu ;)

    BalasHapus
  12. seneng kalau melihat anak2 muda punya kegiatan positif kayak gini :)

    BalasHapus
  13. Keren nih kegiatannya. Semoga awet ya ;)

    BalasHapus