JANGAN ABAIKAN BERSEPEDA!!!

5 Mar 2014
Jangan Abaikan Bersepeda | Pacapaku
Tepatnya setelah kejadian dicurinya Red Devil oleh orang yang tidak bertanggung jawab beberapa minggu yang lalu. Kegiatan saya setiap hari selalu saya jalani dengan bersepeda. Kalau di tanya apakah saya capek? itu pasti! Namun, pasti saya akan mencoba terus bersabar hingga proses pengajuan ansuransi selesai. Dan Insyaallah saya bisa mencari penggantinya Red Devil.

Jujur saja ini cukup berat untuk saya jalani. Bukan maksud saya untuk mengeluh. Namun inilah kenyataannya. Dimanapun kerja pasti capek. Apalagi saya harus menggayuh sepeda saat berangkat dan pulang dari kerja dengan kondisi jalan yang lumayan buruk dan juga jarak yang cukup jauh. Hal inilah yang sering saya keluhkan saat saya sampai dirumah. Capek. lelah, ngantuk, bau, dan sebagainya. Dan mama selalu membalas dengan jawaban yang sama setiap hari. Sabar, sabar, dan terus bersabar.

Baiklah sahabatku semuanya. Tidak ada guna saya terus mengeluh. Toh saya harus tetap menjalani aktifitas saya apapun yang terjadi. Karena ini latihan sikap tanggung jawab saya terhadap hidup saya sendiri. Tentunya sebelum saya melangkah ke kehidupan saya lebih jauh nanti.

Manfaat dan Alasan Bersepeda

Berikut ini saya akan berikan informasi mengenai manfaat kegiatan bersepeda. Dengan harapan setelah sahabat semua membacanya. Sahabat semua dapat mengambil manfaat berdasarkan pengalaman pribadi saya. Apa yang saya dapatkan sangat luar biasa hebat. Dan hukum wajib bagi saya untuk sharing kepada sahabat semua.

1. Lebih Sakinah Menikmati Pemandangan Alam

Desa saya adalah salah satu desa yang unik. Sebuah desa yang dikelilingi pesona bentang sawah yang lumayan lebar. Dari arah manapun kita akan bertemu dengan bentangan sawah yang pada saat ini sedang persiapan musim panen. Batang-batang padi yang kokoh sudah mulai merunduk karena biji padi yang setiap hari akan semakin berat dan berubah warna menjadi kuning.

Inilah yang membuat saya bangga dengan Desa Karangduren yang kutempati sekarang. Sebuah desa yang kaya akan sumber daya alamnya. Tanah yang subur, air bersih yang mudah kita dapatkan, serta flora fauna yang masih beragam. Dan dengan bersepeda saya bisa menikmati semua itu dengan lebih lama.

2. Baik Untuk Tulang dan Otot

Bersepeda memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Seperti yang sudah saya baca di layar mini ini. Salah satunya adalah baik untuk kesehatan jantung. Karena dengan bersepeda dapat membuat jantung kita bekerja lebih maksimal dari biasanya. Bahkan kemungkinan kita akan terhindar 50% dari resiko penyakit jantung.

Selain sehat untuk jantung. Dengan bersepeda kita juga dapat meremajakan otot-otot dalam tubuh kita untuk kembali aktif dan kuat. Terutama otot bagian kaki. Sehingga fungsi otot akan semakin efisien untuk tubuh kita. Bukan hanya itu, bersepeda juga baik untuk kepadatan tulang kita. Sehingga resiko terkena osteoporosis dapat terkurangi.

3. Baik Untuk Sirkulasi Darah dan Otak

Seperti yang sudah kita tahu. Bahwa otak kita membutuhkan sirkulasi darah serta oksigen. Dan dengan bersepeda kita telah membantu memperlancar sirkulasi tersebut dan membuat otak kita mampu bekerja lebih baik. Disamping itu dengan tingkat sirkulasi darah yang cukup baik. Resiko terkena darah tinggi dan struk juga dapat sedikit berkurang.

4. Olahraga Yang Mudah, Murah, dan Melindungi Bumi

Sudah pasti jelas, olahraga bersepeda adalah olahraga yang cukup mudah dan juga murah. Kita tidak perlu merogoh saku terlalu dalam untuk melakukannya. Dan kita lakukan kapan saja kita mau. Namun, untuk lebih baiknya kita bisa melakukan bersepeda saat pagi hari. Karena udara pagi hari lebih baik dari pada siang ataupun sore hari. Karena udara pag masih belum banyak terkontaminasi oleh polusi kendaraan bermotor.

Selain mudah dan murah. Bersepeda merupakan kegiatan olahraga yang baik untuk menjaga kelangsungan bumi kita. Dengan memilih sepeda sebagai alat transportasi harian. Kita sudah berkontribusi untuk mengurangi dampak menyebarnya polusi udara, mengurangi emisi gas rumah kaca, dan mencegah kemacetan. Bayangkan dengan bersepeda selama 25 menit setiap harinya, Anda mampu menyimpan sekitar 165 kg karbon dioksida selama satu tahun.

***

Bagaimana menurut sahabat semua? Alangkah banyak dan beragam sekali manfaat dalam bersepeda. Meskipun sepeda saya hanya ber-merek Phoenik dan saya bersepeda saat berangkat dan pulang kerja, saya tetap berbangga hati. Setidaknya masih ada banyak manfaat yang saya dapatkan dibalik kejadian hilangnya Red Devil. Bukan hanya itu saya juga bangga hidup di desa yang kaya akan sandang dan pangan. Juga dapat berkontribusi secara baik untuk bumi kita tercinta.

Baiklah sahabatku semua, marilah berolahraga sedari sekarang, terima kasih sudah membaca, dan jangan pernah abaikan bersepeda!!!!

28 komentar:

  1. memang banyak sekali manfaat bersepeda, selain mengurangi polusi udara juga membuat kesehatan kita tetap terjaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bang Teguh, ayo mari bersepeda!!!

      Hapus
  2. Klau saya olahraga bulu tangkis tiap jumat pagi..
    Itu yang paling mudah untuk saya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teruskan berolah raga Mas. Saya pernah suka bulu tangkis dulu. Tapi gak lama, soalnya tanganku sering pegel. Hehee *peace

      Hapus
  3. kalo boleh nambahin olahraga ini cocok untuk menjaga kesehatan jantung loh, oh ya jangan lupa untuk kunjungan balik dan koment balik ya http://ane-aldi.blogspot.com/2014/03/tempat-magang-dengan-gaji-besar.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan memang sudah saya jelaskan di atas Mas. Hehe. Makasih ya!!!

      Hapus
  4. kalo saya lebih suka jalan kaki mas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh itu kayaknya juga bagus Mas. Lanjutkan ya.

      Hapus
  5. aku baru aja benerin sepedaku. hihi, enakan naik sepeda daripada angkot atau motor. :v
    hemat bensin. qiqiqi, lagian perginya juga di dalam kota yang bisa dijangkau dalam 10 menit aja. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lanjutin aja ya Mbk. Bagus itu untuk kesehatan. Jauh-jauh deh polusi kalau kita semua bersepeda.

      Hapus
  6. Yang jelas kalau berdua naik sepeda lebih romantis ya Kang. Jadi wkatunya agak lama. :D

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayooo pernah kencan dengan naik sepeda ya Kang???? Ihikkk. Benar-benar romantis ya..

      Hapus
  7. Aku udah nggak kuat naik sepeda jauh-jauh, lutut terasa prothol >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau prothol tinggal dipasang lagi Mbk. Hehee :)

      Hapus
  8. Saatnya back to bike. Selain sehat, memang waktunya mengurangi polusi udara & beramah lingkungan. Aahh, saya ingin banget punya sepedaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kita kembali bersepeda Mbk. Biar sehat dan hidup lebih indah. Cieeciee..

      Hapus
  9. Hidup bersepedaaaaa.
    Saya sendiri lebih suka nyepeda ke mana-mana. Soalnya anti macet. Kalau misalnya banyak mobil dan motor tumpah di jalan raya dan nggak bisa jalan, sepeda gampang saja. Tinggal angkat sepedanya ke trotoar, lancar deh perjalanannya.. wuuuus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sudah pengalaman dengan macet ya Mbk. Kalau di Desaku masih belum pernah macet. Tapi tetep bersepeda!!!!

      Hapus
  10. Aku juga suka bersepeda sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusss itu. Lanjutkan mas. Terima kasih.

      Hapus
  11. sayangnya ga punya sepeda mas. huhuhu :(((

    BalasHapus
  12. dirumah..sepeda udah gak ada lagi... hiks :(

    BalasHapus
  13. Aku jg lg pgn bgt nih beli sepeda, kebayang minggu pagi sepedaan ma anak bojo.. Romantis deh Kyanya, syang duit nya blm cukup2 kepak buat ngebolang trs :-P

    BalasHapus
  14. Jadi kangen mau bersepeda lagi :-(

    BalasHapus
  15. sudah sejak lama, saya punya keinginan untuk bersepeda. Kalau untuk bersepeda ke tempat kerja itu ngga mungkin saya lakukan, jauh banget mas. Sepeda saya gunakan untuk keliling kota Medan sambil bawa kamera. Hunting foto, banyaklah... pokoknya saya mau sepeda

    BalasHapus
  16. aku seneng banget naik sepeda.. pengen rasanya ke kantor pakai sepeda, cuma jauh banget, perang 26 km buat satu kali jalan rasanya beraaaatttt bgt :(

    BalasHapus