MULAI HOBBY HINGGA MENJADI PILIHAN HIDUP

1 Mei 2014
Hobby dan pilihan hidup, Jaswan, Pacapaku, Imam Sujaswanto

Saya kurang begitu hafal, kapan tepatnya saya mulai menulis? Ketertarikan pertama yang dulu sempat saya sandang adalah, menulis itu sesuatu yang mengasikkan. Iya, saya mulai enjoy menikmati sensasi ini adalah ketika saya (merasa) terkurangi beban masalah saya saat saya menuliskannya ke dalam buku harian. Aneh memang, namun inilah saya. Saya berfikir tidak semua masalah harus kita curhatkan kepada orang lain. Terlebih bila masalah itu sangat sekali sensitive dan membutuhkan privasi.

Jatuh cinta dengan media buku harian memang tidak membutuhkan waktu lama. Setiap malam saya selalu berusaha mengingat dan merangkumnya kedalam buku harian tersebut. Dan luar biasanya lagi, saya sangat menikmati. Ada perasaan lega setelah menuliskannya.

Namun diawal sejarah saya memasuki masa remaja, saya mencobanya dengan media lain. Saya cukup berani mengambil resiko bahwa apapun cerita saya tidak harus saya simpan sendiri. Saya ingin sekali orang lain di luar sana tau bahwa saya, seorang lelaki sederhana, masih dapat membuat cerita dan melukis sejarah. Ternyata saya membutuhkan orang lain untuk sekedar memberikan nasihat dan apresiasi.

Hingga akhirnya, saya dikenalkan oleh salah satu sahabat, sebuah media yang sangat menarik. Dan hingga kini media tersebut masih tetap saya isi dengan berbagai macam cerita saya pribadi maupun yang lainnya. Media tersebut tidak lain adalah yang sedang Anda baca kali ini. Iya benar, blogspot.

Saya tertarik sekali dengan blogspot karena fiturnya yang tidaklah membingungkan. Tampilannya juga fleksible dan tidak ruwet untuk seorang awam seperti saya sekalipun. Dengan catatan kita sebagai penggunanya mampu dan siap memanfaatkan media tersebut dengan baik.

Ketika masih duduk di bangku SMK dahulu, saya memang bukanlah seorang penulis handal (baca : belum). Dan saat banyak orang lain bertanya apa hoby dan kegemaranku [?] Saya selalu menjawabnya dengan beragam kata; menulis; membaca; dan menggambar. Walaupun pada kenyataannya gambar saya tidak karuan dan tidak pernah mendapatkan nilai bagus untuk pelajaran seni. Sedangkan kalau urusan tulis menulis, banyak orang yang beranggapan tulisan saya bagus. Dan membaca, memang tidak ada masalah, saya cukup lancar dalam membaca sebuah tulisan. Ahh masa bodoh, yang paling penting adalah saya dapat berkreasi semampu dan sebisa saya.

Hoby? Iya, saya menulis karena awalnya saya memang hoby sekali menulis. Bahkan yang perlu sahabat semua tahu. Sejak saat saya duduk dibangku SD tingkat IV saya sudah cukup percaya diri menulis di papan tulis. Dan akhirnya ini menjadi kesempatan yang bagus untuk guru-guru yang malas menuliskan pelajarannya. Hehee tidak ya, itu semua hoax saja kok rek. Namun, inilah saya yang selalu penuh percaya diri.

Kebiasaan menulis di papan tulis itulah hingga sampai di usia SMP mayoritas guru-guru saya selalu menjuluki saya sebagai sekretaris kelas. Nama saya selalu menjadi special di buku absensi. Ini penting sahabat, karena menjadi sekretaris kelas itu dapat membuat kita menjadi terkenal. Berasa jadi artis di sekolah. Hahay.

Kembali ke media online. Saya sangat berterima kasih sekali dengan blog sederhana ini. Karena jujur saja dari sini juga saya banyak mengenal kalian para sahabatku. Blog ini juga banyak menyumbang koleksi buku-buku novel dan cerpen-cerpen pilihan yang sudah tidak dapat di hitung berapa banyak jumlahnya. Saya masih ingat sekali, betapa sangat membahagiakan rasanya ketika pertama kali salah satu tulisan saya di blog ini yang sempat saya submit ke dalam daftar peserta GA Mbk Ayuningtias dulu meraih prestasi. Walaupun bukan jawara pertama, namun sensasinya mampu membuat saya terus produktif menulis di blog ini. Dan alhamdulillah google akhirnya rela memberikan reward page rank 1 untuk blog  bernuansa adem ini.

Blog ini juga banyak mengajari saya tentang bagaimana cara menulis yang baik, dan semakin baik. Mengenal banyak sahabat dan belajar banyak dengan artikel-artikel sahabat yang lain ketika blogwallking. Itu rasanya bahagia sekali.

Dan kini, menulis bukanlah sekedar hoby. Menulis adalah pilihan hidup yang harus terus konsisten saya jalani. Berawal dari hoby dan kini menjadi pilihan hidup. Saya harus yakin bahwa dari sinilah masa depan saya akan semakin tertata baik. Insyaallah.

Saya berharap juga untuk sahabat-sahabat yang lain, semoga mempunyai tekad yang kuat sama seperti saya. Saya yakin apabila kita mau berusaha dengan giat dan terus berdo’a. Bukan hanya saya, melainkan kita akan mampu mewujudkan cita-cita tersebut bersama-sama. Cita-cita yang akan membuat kita abadi dengan karya-karya kita.

Kini menjadi penulis yang berkualitas dan bermanfaat adalah cita-cita dan pilihan hidup. Cita-cita dan pilihan hidup yang harus terus saya perjuangkan.

24 komentar:

  1. hobby ngeblog,,dimanapun kapanpun pokoknya hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahay tapi saya belum dapat kecupan untuk ngeblognya. Beda sekali dengan Mbk, yang sudah dapat kecup mengecup.

      Hapus
  2. masih proses belajar untuk menjadi seperti itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berusaha nduk, dan terus berdo'a. Semoga bermanfaat selalu.

      Hapus
  3. Sama mas kita, saya juga dulu bermula dari hobi saja, namun sekarang ngeblog sudah saya jadikan profesi, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh profesi ngeblog ya mas? Ternyata hobby mengawali segalanya ya.

      Hapus
  4. awalnya saya sama sekali juga tidak tertarik dengan dunia menulis, saya belajar menulis ketika usia sudah tua, hehe. jadi ya kemampuan menulis saya sekarang pas pasan dan rasanya harus terus belajar banyak, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menulis memang tidak ada puasnya Mas. Ayo terus berusaha supaya tulisan kita bagus dan menarik.

      Hapus
  5. pertama menulis pas SD, suka nulis buku harian, n puisi-puisi gtu dh, tapi paling ga suka klo liat org lg baca puisi #Nahloh hhe...
    keep writing masnya :)

    BalasHapus
  6. alangkah senangnya jika hobby bisa menjadi sumber penghasilan

    BalasHapus
  7. Kok sama ya? Hehehe sejak SD saya juga biasa nulis di papan tulis, trus ikut lomba mengarang sering menang dapat hadiah, hingga skrg ngeblog pun dpt hadiah meski blm pernah menjadi juara 1 tapi ketika tulisan kita dihargai apapun bentuknya rasanya sueeeneeng bgt. Keep on blogging.

    BalasHapus
  8. hobi ngelogku untuk refresing ,allhamdulillah kalau ada rezeki dari ngeblog

    BalasHapus
  9. Selamat ngeBlog Mas Imam… Congrats atas pencapaiannya

    Salam kenal dari Adelays,
    Sekalian memberikan informasi kalau berminat ikut lomba ngeblog berhadiah Rp. 12.500.000, saya share disini :
    http://adelays.com/2014/05/02/lomba-nge-blog-berhadiah/

    BalasHapus
  10. sampai saat ini, menulis masih jadi hobi iseng2 buat saya mah, hehe

    yg penting, keep writing keep blogging yaa mas ^^

    BalasHapus
  11. Hobby ngeblog membawa kita ke pengembaraan dunia maya yang beraneka ragam ilmu. dan mbag google slalu setia memberikan jawaban semua..

    BalasHapus
  12. pertama ketemu teman sejati dan sehati (blogspot) pasti senang banget ya bos..

    BalasHapus
  13. Lanjutkan ngeblognya... Semangaaaat...

    BalasHapus
  14. Semangat terus nulis yaaa :)

    BalasHapus
  15. Iya, Mas, menulis bagi saya juga merupakan pilihan hidup. Bismillah... semoga penuh berkah ya, Mas. Aamiin....

    BalasHapus
  16. setiap orang pasti memilik alasan yang berbeda-beda dalam menulis, entah itu di blog atau dimanapun ya mas :)

    BalasHapus
  17. Semangat menulisnya Mas Jaswan ini patut dicontoh.. saya perlu banyak belajar lagi supaya rajin menulis!! Hehehe.. :-)
    Semoga cita-citanya tercapai Mas.. aamiin..

    BalasHapus
  18. waah postingan yang menginspirasi nih,semoga hobi menulisnya bisa menuai hasil yang di harapkan :)

    BalasHapus
  19. Kamu tidak akan mengerti betapa istimewanya arti air mata sebelum kamu benar-benar membiarkannya keluar dari pelupuk matamu dan meleleh di pipimu . .

    BalasHapus