MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI

5 Jul 2013

Berusaha tampil secara maksimal itu memang sangat penting. Khususnya bagi yang selalu beraktifitas dan berkomunikasi dengan banyak orang. Apabila kita tampil maksimal dan penuh percaya diri setiap harinya akan mengakibatkan kesan menarik dan nyaman bagi orang lain. Sehingga orang lain akan datang kembali dengan kita pada suatu saat nanti.

Untuk itu, sekarang coba akan aku share mengenai beberapa hal yang menyebabkan banyak orang terkesan dengan kita, tentunya untuk hal pelayanan dan penampilan. Bagiku melayani orang dengan baik itu adalah prioritas utama dalam setiap pekerjaanku. Sebab harapanku adalah orang yang datang kepadaku akan kembali datang lagi di lain waktu.

SARAPAN PAGI

Sebelum berangkat bekerja, aku biasakan untuk sarapan. Karena kasian kan Mama ku yang bangun lebih pagi hanya untuk memasak agar semua anak-anaknya tidak kelaparan. Juga beliau memang sudah tugas sedari pukul 05.30 pagi untuk bekerja. Jadi hampir setiap hari aku tak pernah berpamitan saat berangkat kerja kepada beliau. Mungkin aku hanya berpamitan dengan Ibuk yang sudah stay on the market di depan rumah.

Sarapan pagi itu bagus lo agar daya tahan tubuh kita bisa lebih kuat dalam beraktifitas. Aku sudah membiasakan sarapan mulai sekolah dulu. Kata Mamaku sarapan itu bagus untuk menjaga otak agar konsentrasi dalam setiap pelajaran itu tetap baik. Emm... Mama memang banyak cara untuk merayuku.

Dan setelah sarapan, cipika cipiki sama adek yang paling kecil, berangkatlah aku dengan menyemai senyum kepada seluruh masyarakat Karang Duren - Balung dan sekitarnya. Hehee. Sampai di warnet, bersih-bersih, nyapu-nyapu, ngelap sana - ngelap sini, chek komputer, display soft drink di lemari es, dan terakhir membuka gerbang warnet dengan semangat dan bilang "Selamat datang silahkan parkir dan silahkan bermain".

SALAM, SENYUM, & SAPA

Ini merupakan perilaku yang sudah aku lakukan sejak masih bekerja di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. dulu. Karena memang sejak keluar dari SMK Teknologi Balung - Jember tahun lalu aku sudah bekerja sebagai bagian Kepala Marketing perusahaan gede penyedia makanan dan minuman itu. Dan dari situlah aku mulai belajar melayani dengan baik orang-orang yang ingin order atau ingin joint bersama perusahaan kami. Dan puji syukur Alhamdulillah aku bisa bertahan hingga lebih dari satu tahun lamanya tinggal di kota dingin Malang itu.

Keluar dari situ aku beralih ke sebuah market yang cukup terkenal di Jember. Maklumlah kerja jauh terus sama Mama memang tak enak. Bawa-annya kangen terus. Hehe. Sebuah perusahaan yang menyediakan beragam food dan store departement. Golden Market Jember itulah namanya. Kebetulan pengalamanku di perusahaan sebelumnya membawa saya banyak menerima penghargaan karena kelihaianku berolah kata dan komunikasi dengan customer. Salah satunya adalah Ambasador Sari Husada. Bahagia sekali rasanya mendapatkan itu semua, dan hadiah yang paling membuat saya tersentuh adalah senyum Mama. Bahagianya.

Dan di warnet, aku coba menerapkan hal itu. Dengan harapan mereka dapat merasakan puas atas pelayanan dan sikapku. Dan walhasil tidak sedikit banyak dari mereka yang kembali lagi datang ke warnet. Bahkan ada yang rela menempuh hingga berkilo-kilo meter untuk datang ke warnet ini. Padahal kalau dipikir "apakah disana gak ada warnet?". Pernah aku bertanya pada salah satu memberku, namanya Mbk Nunik Purwanik dia adalah salah seorang SPG salah satu produk obat nyamuk, rumahnya di Puger kalau di ukur bisa menempuh waktu setengah jam kalau ke warnet.

"Mbk, di dekat rumahnya sampean gak ada warnet ya?" tanyaku santai.  
"Ada sih Mas, tapi gak se-ramah dan se-lucu sampean" aihh tiba-tiba kepalaku membesar segede monitor, emangnya aku pelawak. Hehee.

Maka dari itu salam, senyum, dan sapa ramah itu sangat perlu. Apalagi kalau anda semua bekerja pada posisi yang sama denganku. Untuk itu tetaplah tersenyum.

MENDENGARKAN & MELAKSANAKAN

Dan mendengarkan apa yang diminta sama customer/member itu vital. Apa yang mereka mau, cobalah penuhi dengan cepat dan tanggap. Laksanakan penuh dengan tanggung jawab. Agar mereka merasakan puas dan senang. Karena mereka merasa dilayani dengan baik, dan diperhatikan.

Terkadang memang ada juga beberapa yang menjengkelkan, dengan terus memaksa untuk cepat dilayani. Padahal kita sedang melayani pelanggan yang datang lebih awal. Caranya, bicaralah dengan sedikit tegas dan santun, untuk tetap mengantri di belakang. Apabila memang masih saja begitu, suruhlah kembali bersabar dan tetap menghormati privasi anda. Bahwa anda sedang melayani pelanggan yang datangnya lebih awal. Namun jangan emosi, karena akan memberi kesan tempramental terhadap pelanggan yang sedang ada dihadapan anda kini.

MEMBERIKAN SOLUSI

Setelah itu berikan sedikit solusi terhadap kasus yang sedang dihadapi pelanggan. Dengan harapan dia bisa kembali berhati-hati agar tidak mengulangi kesalahan yang kedua kalinya. Kan menjadi kurang manfaat apabila dia mengulangi kesalahan yang kedua kalinya. Tidak ada hasilnya dengan perjuangan anda selama ini.

Dan Alhamdulillah, member saya di warnet tidak ada yang sampai mengulangi hal yang kedua kali. Rata-rata mereka membawa misi khusus dari rumah yang tidak bisa mereka kerjakan sendiri. Dengan beragamnya masalah juga bergam pula solusi. Dan akhirnya kita juga semakin pintar dengan masalah-masalah itu.

UCAPKAN TERIMA KASIH

Dan ini yang terakhir, ucapkan terimakasih dengan siluet senyum. Atas semua kepercayaan dan harapannya datang ke tempat anda. Dan mereka akan juga merasa damai berhadapan dengan anda. Juga itu maksud dari pelayanan anda, mereka puas dan pasti mereka akan mencari anda lagi dilain kesempatan, dan merasa kecewa apabila tidak bertemu dengan anda lagi.

Rekan-rekan semua, mungkin itu kiatku dalam menghadapi pelanggan dan menanggapi setiap keluhan dan problem yang mereka hadapi. Pekerjaan apapun itu adalah ibadah bagi kita, berusahalah jatuh cinta pada pekerjaan anda. Niscaya pekerjaan anda akan memberi flash back positif pula dalam kehidupan anda.

Ayo kembali berbagi cerita, dan salam sayang untuk orang-orang yang menyayangi anda.

17 komentar:

  1. "Ada sih Mas, tapi gak se-ramah dan se-lucu sampean" `> enaaak
    wah mantap cak, oya aq pernah ke jember lho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan ke Jember lagi mas.

      Waduhhh saya tunggu lo kedatangannya apabila berkenan kesini lagi.

      Hapus
  2. Guayamu pak lek pak lek .
    .kwkwkwk
    .mantep

    BalasHapus
  3. ucapan terima kasih itu manjur banget bikin customer balik lagi belanja :D *kalo aku gitu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha pernah jadi kasir di supermarket ya Tante.

      Hehe. Semoga customernya betah dengan pelayanannya ya.

      Hapus
  4. Setuju...ucapan terima kasih meski simple namun sangat berharga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Semoga kita selalu mengucap kata bahagia itu sepanjang masa ya.

      Emm.. terimakasih sudah mampir.

      Hapus
  5. wah .. keren nih kiatnya :)

    BalasHapus
  6. Segala sesuatu kalau dikerjakan dengan sepenuh hati, hasilnya akan baik. Insya Alloh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bunda. Terimakasih sudah selalu suport aku ya.

      Hapus
  7. bertemu org yg selalu mengerjakan sepenuh hati memang menyenangkan, sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh memang betul Mbk. Rasanya indah sekali rasanya.

      Hapus
    2. Betul sekali Mbk, kita semakin sering menyambung komunikasi dengan orang - orang tersebut.

      Berbagi cerita dan pengalaman alias curcol kadang-kadang.

      Hehehe :d

      Hapus
  8. terima kasih ya... pahala melayani sepnuh hati di bulan ramadhan semakin berlipat2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mas Rusydi.

      Semoga panjenengan juga begitu ya.

      Selamat berpuasa :p

      Hapus