Dapat uang melalui internet

CHAIDIR WEBLOG : RAPI & MENARIK

7 Sep 2013


Chaidir Weblog dan Pacapaku
Chaidir Weblog dan Icon (Wakdir & Wakder)

Sahabat, pernahkah anda merasa bahwa hidup di dunia ini sangatlah membahagiakan?. Walaupun terkadang ada saja hal yang membuat kita sedih, patutlah kita harus siap sedia mengadukannya kepada Tuhan kita. Niscaya semuanya akan berjalan dengan apa yang kita inginkan. Amin...

Baiklah, kegiatan (hoby) yang paling saya suka dalam dunia menulis adalah salah satunya Me-Review sebuah blog maupun web. Bukan "pamrih" ataupun mengharapkan imbalan. Andai saja admin atau pemilik blog maupun web tersebut memberikan imbalan juga apresiasi yang sangat luar biasa dari hal yang sudah kita kerjakan. Hemm... itu sangat membanggakan bukan?.

Seperti yang hendak saya lakukan sekarang. Sebagai seorang sahabat yang baik, saya mencoba untuk turut menyemarakkan First Giveaway yang sedang di selenggarakan oleh Mas Chaidir yang bertajuk Review Weblog Chaidir's Web. Dengan harapan di selenggarakannya Giveaway ini, semoga Blognya Mas Chaidir dapat menyajikan tulisan juga informasi-informasi yang ramah dan berkualitas untuk kedepannya. Dengan tetap berpegang teguh terhadap prinsip dan etika yang baik di dunia maya.

GA Mas Chaidir
Icon Chaidir Weblog

Untuk Mas Chaidir, (sebelumnya) saya ucapkan selamat dan semoga sukses dengan Giveaway_nya. Apapun yang saya tuliskan berikut ini adalah semata-mata untuk kembali memberikan semangat menulis anda. Dan saya hanya memberikan pendapat juga tanggapan-tanggapan dari yang sudah pernah saya pelajari dari Blognya jenengan selama beberapa hari yang lalu.

:: Review Blog Chaidir Web ::

GA Mas Chaidir
Halaman Utama Chaidir Web

GA Mas Chaidir
Tampilan Blog Chaidir Web
Sebuah blog yang ringan dan fleksibel. Kenapa saya katakan seperti itu?, karena di dalam blog ini banyak sekali informasi-informasi yang sangat beragam dan menarik. Baik kisah sehari-hari, curhatan, tutorial, psikologi, desain, kartun, bahkan jenis hiburan seperti cord lagu, maupun pelajaran islami juga ada dalam blog ini. Dan semuanya di kemas dengan bungkus dan cover yang rapi juga tidak membosankan.

:: Tampilan Blog Chaidir Web ::

Template Blog
Memang benar, seseorang yang suka dan hoby dalam hal desain, kalau tidak dimanfaatkan dengan berkresi di dunia Blog, pasti kurang tepat. Pasalnya dengan mempunyai sebuah Blog, kita dapat menyalurkan kreatifitas kita dalam hal desain ke dalam setiap tampilan Blog kita. Tidak usah jauh-jauh. Contoh konkritnya adalah Chaidir Web sendiri. Dimanapun kita mencari tipe template yang seperti ini sudah bukan khayal lagi pasti tidak akan ketemu.

Template Chaidir Weblog
Template Chaidir Weblog

Jujur saja sebelumnya memang saya sudah sangat suka dan ngefans sekali dengan tampilan Blog yang satu ini. Entah kenapa?. Mungkin tampilannya yang elegan sekaligus di dukung dengan penataan masing-masing konten yang menarik dan rapi. Membuat Blog yang satu ini menarik saya untuk selalu mengikuti perkembangannya dengan memfollowup kedalam blog saya.

Judul dan Title Blog
Judul dan Title Blog adalah salah satu navigasi yang sangat identik pada sebuah Web ataupun Blog. Karena dari Judul dan Title Blog kita, nantinya pembaca dapat memperkirakan tema dan apa isi dari pada Blog kita.  
Berbagi pengalaman dan pengetahuan adalah merupakan Judul dan Title Blog milik Mas Chaidir. Dan demikian sesuai dengan prediksi di awal-awal saat pertama kali saya membaca salah satu posting dari Blog ini. Bahwa pemilik Blog berwarna belang ini ingin menceritakan kepada banyak orang bahwa dengan mengingat dan menuliskannya kita tidak akan pernah kehilangan masa-masa indah dalam hidup kita.

Berarti benar apa yang Mario Teguh ungkapkan Bahwa dengan menulis, kita dapat mengingat banyak hal. Untuk itu berbahagia dan berbanggalah kita masih bisa Menulis sampai sejauh ini dan sampai pada saat ini.

Widget Blog
Walaupun terdapat banyak menu, namun Mas Chaidir mampu membungkusnya dengan penataan yang sangat rapi dan menarik. Menu di bagian atas terdapat BLOG, FORUM, PROFIL, FOLLOW, dan yang terakhir adalah BOOK.

Menu Chaidir Weblog
Menu Chaidir Weblog
Menu Chaidir Weblog
Menu Chaidir Weblog
Di-usia yang terbilang muda, blog ini sudah banyak berkarir dengan statistik yang gemilang. Saya dapat melihatnya pada tab Archieve. Mulai dari bulan Maret 2013 hingga sekarang September 2013, sudah terdapat lebih dari 100 (seratus) buah posting. Sungguh sangat patut untuk di teladani semangatnya.

Saya sebenarnya mendapatkan kekecewaan dalam dua hari ini. Pasalnya informasi mengenai asal mula hadirnya Blog ini belum juga saya ketemukan. Sekalipun pada tulisan-tulisan awal blog ini berkiprah. Di awal Maret 2013, tepatnya pada tanggal 5. Postingan pertama yang di publis adalah mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Negeri Medan. Mungkin pemikiran awal sang Admin adalah ingin berbagi cerita perihal cerita-cerita masa kuliahnya saja. Namun seiring dengan fikiran juga ide yang berkembang, sang Admin ingin menghadirkan sesuatu yang baru dan bertema luas. Terbukti, di Bulan April 2013 ada beberapa posting yang ber-genre Review. Seperti Review Buku Quantum Ikhlas dan Review Anime Death Note.

Mas Chaidir juga mempersembahkan setiap postingnya dengan lebel dan tema yang beragam. Disini kita dapat melihatnya pada saat kita mengarahkan krusor kita pada menu BLOG. Ada Pengalaman, Pendidikan, Chord Lagu, Psikologi, Tutorial, Blogger, Desain dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, Blog bernuansa hitam putin ini hadir dengan beragam sub tema yang di tuliskan.

Menu yang selanjutnya yaitu PROFIL. Sudah barang pasti di menu ini terdapat penjelasan singkat mengenai "apa itu Chaidir Web?, dan siapa itu Chaidir Web?". Seperti yang sudah saya copy berikut ini :
Chaidir's Web adalah Personal Weblog milik @Chaidir15 yang didirikan dengan tujuan hanya untuk sekedar berbagi pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat kepada banyak orang. Melalui blog sederhana ini pula saya hanya berharap, Chaidir's Web bisa menjadi sebuah media pembelajaran untuk kita semua termasuk saya sendiri sebagai pemiliknya. Silahkan Anda boleh langsung saja jelajahi seluruh isi konten yang ada di blog ini, semuanya saya tulis hanya untuk Anda.
Kita juga dapat melihat kegigihan Mas Chaidir dalam mempelajari banyak kompetensi, diantaranya adalah :  lmu Agama Islam, Ilmu Listrik dan Elektronika, Ilmu Psikologi dan Kepribadian, Ilmu Blogging, HTML, CSS, Javascript, Jquery, sampai SEO,Ilmu Design Grafis, Editing Photo dan Animasi, Ilmu Fotografi dan Jurnalistik, dan masih banyak lagi. Sekali lagi saya dapat katakan bahwa Mas Chaidir adalah sesosok jiwa muda yang patut untuk di tiru semangatnya dalam hal belajar.

Sejauh ini, saya benar-benar bisa acungi jempol untuk Mas Chaidir. Ternyata, di balik blog yang sederhana dan menarik ini, seyogyanya menyimpan gaya yang nyentrik pula. Hal ini dapat saya buktikan dengan peta di masing-masing menu di bawah ini :
Peta Menu Chaidir Weblog
Peta Menu Chaidir Weblog
Peta di atas adalah sebuah gambaran dari menu yang ada pada blognya Mas Chaidir. Namun Mas Chaidir juga harus (selalu) meng-update blognya. Karena hasil temuan saya, masih ada beberapa menu yang masih kosong dan belum terisi dengan sempurna. Seperti pada menu Game Pacman, Dummy Blog Chaidir, Perpustakaan Chaidir, dan Goresan Psikologi (hanya ada 1 posting). Sedikit saran saja untuk Mas Chaidir untuk lebih memperhatikan blognya, agar dari setiap menu dapat kiranya terisi dengan sempurna. Atau mungkin sebaiknya di isi dengan hal yang memang di butuhkan bagi pengunjung juga Mas Chaidir sendiri. Agar pembaca tidak meninggalkan kesan kecewa dengan fitur dan conten yang di hadirkan.

:: Performance Blog Chaidir Web ::

Sebuah blog yang baik, tentunya harus memiliki performance yang baik pula. Namun untuk mencapai tahap yang baik kita memang memerlukan perjuangan yang maksimal pula. Untuk itu mari kita bahas satu per satu mengenai performance blog belang ini.

Kecepatan Loading
Kecepatan loading sebuah blog ataupun web memang juga perlu perhatian khusus, karena hal ini akan mempengaruhi pengunjung untuk betah dan tidaknya berada di blog kita.

Kecepatan Loading Chaidir Weblog
Analisis PingDom

Untuk Chaidir Web, masih dalam taraf yang bagus untuk loading. Saran saja karena Mas Chaidir jago dan hoby desain, untuk kedepannya supaya lebih waspada kepada setiap konten yang akan di masukkan ke dalam posting ataupun blognya, supaya kapasitas gambar tidak membuat beban blog menjadi lemot dan lama untuk dibuka.

Pagerank Chaidir Weblog
Saya hampir saja depresi dengan yang satu ini. Masalahnya saya sudah coba check beberapa kali namun hasilnya invalid, setelah saya melakukan penyelidikan terhadap kasus ini. Ternyata blog nyentrik ini baru saja berganti domain pada bulan Juni yang lalu, hal ini membuat PR Chacker masih bandel untuk mengeluarkan hasil report nya ketika di check.

Alexa Trafic Range
Aktifitas blogging memang harus selalu dilakukan supaya nilai alexa yang di dapat juga memuaskan.

Alexa Chaidir Weblog
Alexa Chaidir Weblog
Search Engine Optimization (SEO)
Siapa yang tidak ingin blog atau artikel kita berada pada level atas mesin pencari?. Karena dengan banyak artikel kita terindex oleh mesin pencari maka secara otomatis hal ini akan menjadikan semakin banyaknya pengunjung yang akhirnya mampir ke dalam blog kita.

SEO Chaidir Weblog
Plugin Seoquake
SEO Chaidir Weblog
Whois.DomainTools

Saran untuk Mas Chaidir supaya lebih memperhatikan blognya dalam hal SEO. Di jagat maya banyak di sediakan sosial bookmark, seperti Listas.me, BlogDirectori, Reddit.com, Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi. Hal ini bermanfaat bagi blog kita akar lebih ramah dengan mesin pencari.

Atau daftarkan blog pada beberapa situs, seperti Yahoo, Bing, ataupun yang lainnya. Hal ini akan semakin mempermudah calon pengunjung yang akan mengunjungi blog kita, karena blog kita banyak terindex di mesin pencari.

:: Kesimpulan Mengenai Chaidir Weblog ::

Tidak semua orang bisa jago dalam hal desain, namun semakin banyak orang yang akan mencoba untuk ngeblog (menulis). Karena bagi saya pribadi, menulis lebih mudah dari pada desain. Untuk itu Mas Chaidir harus berbangga hati karena jenengan bisa melakukannya dua-duanya sekaligus. Untuk itu Mas Chaidir harus dapat memanfaatkannya juga dengan maksimal. Apapun yang di lakukan dengan sungguh-sungguh dan maksimal, maka hasilnyapun juga akan menyenangkan.

Bukan berarti saya mau menggurui Mas Chaidir. Namun seperti yang sudah saya ungkapkan di awal-awal saya mulai review ini, bahwa apapun yang saya tuliskan dalam review ini adalah semata-mata hanya saran dan pendapat saya saja.

  • Sempatkan waktu dalam setiap hari untuk berkunjung ke blog beberapa sahabat lain.
  • Gunakan warna yang lain untuk tampilan templatenya (bukan berarti tidak bagus warna hitam dan putih), dengan semakin banyak ragam warna pada template kita, maka mata pengunjung tidak akan mudah lelah, namun gunakan se-efisien mungkin.
  • Share Chaidir Weblog kedalam banyak mesin pencari, agar blog mendapat backlink yang cukup maksimal.
  • Perbaharui menu-menu yang ada, tempatkan pada posisi yang nyaman. Baik nyaman untuk pembaca juga nyaman untuk blognya. Apabila memang ada menu yang kurang efisien penempatannya, alangkah baiknya di remove saja.
  • Semangatlah dalam bermasyarakat di beberapa group di media sosial seperti facebook, dan twitter. Karena semakin banyak sahabat yang mengenal kita di media maya, maka kesempatan blog kita di kunjungi juga akan semakin besar.

Terimakasih buat Mas Chaidir sudah bersedia menyelenggarakan GA yang pertama kalinya. Semoga dengan ini Chaidir Weblog semakin banyak pengunjungnya dan semakin meningkat trafiknya. Mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dalam review saya, maklum saya masih newbie. Tetap semangat, dan salam persahabatan dari Kota Jember

Tulisan ini diikutsertakan dalam "First Give Away Chaidir's Web"

26 komentar:

  1. Terima kasih Mas Jaswan udah berkenan tuk mereview keadaan blog saya selama beberapa hari ini.. :-D Hehehe..

    Semoga bisa lebih menjalin persahabatan yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga Mas Chaidir...

      Jujur saja masih banyak kekurangan dalam Review ini, buktinya saya menyelesaikannya dalam waktu kurang lebih 1 pekan, setelah saya berniat ikutan kompetisi ini...

      Semoga Mas Chaidir berkenan...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terimakasih Mbk Lucky.

      Yang keren yang mana ya?.

      Saya ya? #pede

      Hapus
  3. wah hebat bisa mereview.. saya pingin ikutan tapi belum bisa kalo yang namanya mereview blog orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba dulu Mbk Yu, jangan menyerah dulu...

      Hapus
  4. Asik tampilannya blognya Mas Chaidir *barusan ngintip*
    Semoga menang ya Jas... kalau menang makan-makan~

    BalasHapus
  5. cak jas wan emang komplit dah kalo hal review2-an..... mas chaidir, review cak jas wan kudu menang nih.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhhh, masih banyak kekurangan kok Mas Topik.

      Hahaaa, jadi malu aku..

      Hapus
  6. biyuh,keren banget bisa review blog,,saya palingg nggak bisa,bukan karena apa2..soalnya bener2 g tau detailnya hehehe..sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih perlu banyak yang di perbaiki Bu Hanna.

      Pokoknya ngikutin ide aja..

      Hapus
  7. Reviewnya komplit, mas'e :D
    Kereen! Semoga menang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terimakasih Dec Intan.

      Amin..

      Hapus
  8. wow..... reviewnya keren! Ga kalah sama yg direview.

    BalasHapus
  9. ntar ikutan ah,,, *smile..

    iya, yang bikin jatuh hati dengan blog chaidir itu ya desain templatenya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mas, segera menyusul loh ya.

      saya tunggu. okey...

      Hapus
  10. Reviewnya paket istimewa. Super duper komplit banget....

    BalasHapus
  11. Reviewnya Imam komplit ya, semoga sukses ya...
    Buat Chaidir semoga blognya makin jaya.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Terimakasih Mbk Lyliana.

      Semoga sukses kembali.

      Hapus
  12. Ikut nyimak aja sob, untuk nambah pengetahuan..
    followers #57 sukses,,
    jangan lupa follow back ya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Linknya panjenengan sudah saya masukan ke link sahabat blogger di tab atas kok.

      Bisa di lihat. Terimakasih atas kepercayaannya.

      Hapus
  13. Review blog yang cerdas dan analitis. Sungguh, saya harus belajar banyak tentang ini. Sukses untuk reviewnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bpk Gus Priyono.

      Review ini masih banyak kekurangan kok Pak, masih belum sempurna.

      Dan masih harus banyak belajar.

      Hapus