PENTINGNYA MENGAJARKAN INTERNET

17 Apr 2014
Sehari Tanpa Internet | Telkomsel | Pacapaku | Jaswan
PENGARUH DAN MANFAAT INTERNET

Saat ini kebutuhan internet adalah kebutuhan yang hampir pokok bagi sebagian besar masyarakat. Pasalnya dengan menggunakan teknologi internet kita akan dengan mudah terhubung, bahkan bersosialisasi langsung dengan seseorang meskipun tidak bertatap muka secara langsung.

Salah satu contoh saja para penggemar berat jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Mereka bahkan rela membuka jejaring sosial favoritnya hanya untuk memandangi wall dan timelinenya setiap saat agar mereka mengetahui beberapa informasi dari banyak kawan-kawannya diluar sana.

Tidak perlu mengambil contoh jauh-jauh. Saya pribadi, adalah salah seorang yang tidak dapat lepas dari internet. Internet dapat dikatakan kebutuhan yang sangat penting dalam hidup saya. Kenapa saya katakan demikian? Iya, karena rutinitas saya setiap hari adalah tukang parkir dan penjaga warung internet di wilayah kecamatan tempat saya tinggal. Saya menggeluti pekerjaan ini sudah lebih dari satu tahun lamanya. Dan selama itu pula saya masih tetap dapat menikmati dan memanfaatkan internet sesuai dengan kebutuhan dan secara wajar.

Selain pekerjaan sebagai tukang jaga warnet. Saya juga beberapa hari ini mendapatkan amanah dari guru saya sewaktu SMP dulu. Saya ditugaskan untuk turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakulikuler komputer di SMP tersebut. Jujur, ini merupakan hal yang paling saya inginkan selama ini. Selain saya mendapat kegiatan yang baru, saya juga dapat mengaplikasikan apa yang selama ini menjadi keluhan saya saat menghadapi para client di warnet setiap harinya.

Bagaimana tidak? Kadang saya begitu sangat miris sekali apabila menghadapi anak-anak seusia SMP yang masih saja berteriak-teriak memanggil saya untuk menunjukkan bagaimana cara menyalin artikel, mem-paste-nya ke Ms. Word, dan mencetaknya melalui mesin printer. Saya terkadang geleng kepala melihatnya. Bagaimana mungkin mereka di beri tugas, dan mereka tidak tahu bagaimana menyelesaikan tugasnya dengan baik? Lalu pemikiran orang yang memberi tugas apa? Bagaimana pengaruh pelajaran komputer di sekolahnya?

Mungkin hal itulah, satu dari sekian banyak alasan. Kenapa saya begitu tertarik dan tergerak untuk masuk ke dunia internet. Mungkin pula buat kebanyakan orang di luar sana, permasalahan yang saya hadapi tidaklah penting. Namun bagi saya tidak. Ini merupakan tanggung jawab saya sebagai orang yang (setidaknya) mengerti tentang internet. Walaupun pada dasarnya, di luar sana, masih banyak orang yang lebih ahli, lihai, bahkan faham mengenai internet. Tetapi jiwa dan hati saya tetap berusaha untuk membantu sebagian besar dari mereka.

SEHARI TANPA INTERNET

Saya pernah di tanya oleh salah seorang teman. Bagaimana jika seorang Jaswan sehari saja tidak berhubungan dengan koneksi internet? Artinya dalam sehari saja saya di tuntut untuk tidak menggunakan internet. Baiklah, meskipun hal ini sangat tidak mungkin. Namun dengan berat hati saya akan mengatakan "Oke!!!"

Sehari tanpa internet [?] tentu akan ada banyak hal yang dapat saya lakukan. Mungkin bila memang hal itu benar-benar terjadi, Mama saya pasti akan seketika tersenyum. Saya akan dapat pastikan beliau akan bahagia. Tidak akan ada cucian yang menumpuk, karena pekerjaan saya menuntut saya untuk masuk setiap hari, jadi untuk urusan cuci mencuci biasanya dibantu oleh Mama.

Dapat juga dipastikan kebersihan rumah akan terjaga dengan baik. Karena bila sehari tanpa internet, pasti saya libur kerja kan? Otomatis saya akan stand by di rumah sambil menyapu dan membersihkan apapun yang di rasa kotor. Sebenarnya setiap hari rumah sudah di sapu, namun bila saya libur. Otoritas saya menyapu pasti makin banyak.

Jelas, pasti banyak hal lain yang dapat bermanfaat dengan sehari tanpa internet. Yang paling penting adalah waktu untuk berkumpul dengan keluarga akan lebih lama dari biasanya. Meskipun hanya dengan makan malam bersama, menonton televisi bersama, maupun jalan-jalan bersama. Pasti moment yang seperti ini adalah keinginan banyak orang di luar sana. Benarkan?

PENTINGNYA MENGAJARKAN INTERNET

Sehari Tanpa Internet | Telkomsel | Pacapaku | Jaswan

Dengan internet, kita akan dapat dengan mudah berhubungan dengan orang lain. Disamping itu internet juga baik dan banyak manfaatnya. Walaupun disisi yang lain internet juga ada negatifnya. Namun hal itu tergantung bagaimana kita menyikapi dan menggunakannya dengan wajar.

Saya pribadi sudah merasakan manfaatnya. Saya dengan teman-teman pemuda desa yang lain dapat mendirikan Komunitas Pemuda Desa juga karena sebelumnya kita memanfaatkan media internet sebagai ajang berkumpul dan bersilaturahmi. Dan akhirnya Komunitas kami IPK (Ikatan Pemuda Karangduren) memutuskan untuk bertemu, dan duduk bersama mewujudkan keinginan kita masing-masing untuk membuat sebuah komunitas pemuda di desa tempat kami tinggal, yaitu Desa Karangduren. Dan puji syukur Alhamdulillah, hingga kini komunitas kami masih saja kokoh berdiri di kaki sendiri.

Terhitung mulai bulan November 2013 yang lalu, dan kini Komunitas kami sudah sedikit sukses membantu pendidikan nasional dengan memberikan bimbingan belajar gratis bagi siswa dan siswi sekolah dasar tingkat IV, V, dan VI. Dan kamipun juga tidak mengharapkan imbalan apapun dari mereka, asal mereka dapat belajar lebih giat dan rajin lagi untuk kedepannya.

Lain dari pada itu, saya mengenal tentang tulis menulis (ngeblog) juga karena saya mengenal internet. Karena saya berfikir setiap hari saya menjaga warnet, dan bila saya tidak dapat memanfaatkan internet dengan baik dan maksimal. Maka saya adalah orang yang tidak cukup beruntung di dunia ini. Maka dengan pernuh percaya diri, awal tahun 2011 saya memantapkan diri untuk menjadi penulis melalui media blogspot, dan inilah hasil saya. Sebuah blog yang sederhana sebagai pengganti buku diary saya setiap harinya.

Kesimpulannya. Segala sesuatu bila dimanfaatkan dengan baik, pasti hasilnya juga memuaskan dan baik juga untuk diri kita sendiri dan juga orang lain. Begitu pula dengan internet. Internet, bila dapat dimanfaatkan dengan baik dan wajar maka hasilnya pun juga baik untuk kita semuanya. Dalam hal ini saya sangat antusias sekali dan mendukung sepenuhnya progam Indonesia Genggam Internet dari Telkomsel.


Dengan harapan. Telkomsel sebagai provider nomor satu di Indonesia, mampu membangun dan mengembangkan progam-progam baru untuk masyarakat Indonesia khususnya pelajaran internet bagi semua lapisan masyarakat. Agar tercipta komunikasi yang semakin baik untuk masa kini dan masa depan.

Terakhir. Mari kita bergandeng tangan, saling merangkul pundak untuk menyebarkan kebaikan internet. Karena internet mampu membuat Indonesia semakin baik dan mencerdaskan bangsa. Terima kasih Telkomsel, senang mengenalmu. Semoga semakin maju dan sukses ke depan. Amin.

38 komentar:

  1. sehari tanpa internet, paling baca buku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan ngurusin rumah ya Mak. OK, Asal bermanfaat ya.

      Hapus
  2. wah eank ya ada yg ngajari, jaman dulu mana ada yg ngajari, apalagi internetan, sebelum ada warnet, di kantor telkom masih sekitar 12.000,- per jam he he he :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa saya juga sempat kayak begitu mas. Semoga dengan ada yang bimbing semakin membuat generasi kedepan jadi semakin lebih baik. Terima kasih :)

      Hapus
  3. semoga Indonesia menjadi salah satu contoh bagi negara lain dan lebih maju lagi dalam bidang komunikasi pedesaan dan internet pedesaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak boss. Semoga ya. Amin.

      Hapus
  4. baru berkunjung pertama kalinya gan, semoga sukses dan salam kenal . Seharusnya begitu Indonesia harus mempunyai tingkat teknologi dan bukan gaptek alias gagap internet dengan mengajarkananya indonesia sedikit lebih maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa iya gan. Ayo mulai mengajarkan internet sedari sekarang ya ;)

      Hapus
  5. internet memang penting..namun jangan sampai menjadikan ketergantungan terhadap internet...jadikan internet sebagai bahagian dari kehidupan,,,jangan jadikan kehidupan hanya untuk internet.....
    keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak atas wejangannya. Insyaallah. Saya akan lakukan. Salam kembali dari Jember.

      Hapus
  6. saat ini internet sudah menjadi kebutuhan hidup ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, kalau tanpa internet Mak Lidya gak akan kenal sama saya yang imut-imut manis ini. Hehee ;)

      Hapus
  7. Dunia internet adalah dunia tanpa ruang batas dan waktu, di mana ada banyak dunia informasi yang bisa kita dapatkan dan berikan di sana kepada dunia. Hanya tinggal kita secara individu mampu menyaring dalam hal positif ya Mas. Sukses untuk acaranya Mas.


    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya Mas Indra juga cocok tuh ngajarin anak-anak. Soalnya terlihat sekali telatennya. Makasih ya mas dukungannya.

      Hapus
  8. keren, kak. moga kegiatannya terus berlanjut ya~

    BalasHapus
  9. Dulu aku juga pernah jadi op warnet :D, sering dipanggil anak-anak sd yang datang persis seperti yang imam bilang td. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti pernah kuliah kesabaran juga ya di warnet. Hehee. Harus telaten dan harus sabar.

      Hapus
  10. yang perlu diperhatikan agar anak2 bisa selektif dalam memilih konten ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, betul sekali, walau sudah di filter tapi ada aja konten-konten lain yang tidak seharusnya mereka buka. Salah siapa ya kalau begitu???

      Hapus
  11. Hai Imam, makasih ya udah mampir. Eh dipanggilnya Jaswan, ya?
    Hebat lho ngajarin anak-anak komputer, gk banyak orang yang bisa sabar ngadepin mereka :)
    Diajarin ya kalo copas itu harus wajib sebutin sumber, ahahaha.. #peace
    Btw aku juga ngenet pake Telkomsel ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak siap, saya juga selalu mencantumkan link bila copy paste. Begitu juga kepada adik-adik saya juga tidak pernah berhenti mengingatkan hal itu. Makasih ya artikelnya.

      Hapus
  12. Internet memang besar manfaatnya, asalkan kita bisa memanfaatkan dengan benar.
    Oya, semoga kegiatannya terus dijalankan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Om atas apresiasinya. Setuju sekali asal dimanfaatkan dengan baik pasti dapat bermanfaat.

      Hapus
  13. Arus informasi semakin deras dengan adanya internet, kita2 para pengguna harus mempunyai filter yang tebal dan berlapis!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya kita sebagai orang yang mengerti tentang hal itu, harus mengajarkan kepada yang masih kurang mengerti.

      Hapus
  14. Orang berinternet itu bagai berdiri diatas jurang. Salah langkah saja bisa berakibat fatal, tapi kalau mundur selangkah jadi ketinggalan zaman. Semoga hal ini bisa menginspirasi kita semua yang paham internet untuk membantu anak-anak agar memahami pentingnya internet.
    Sukses ya kontesnya.. eh ini kontes, kan? :D

    BalasHapus
  15. kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, barangkali berminat saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, siapa tau anda barangkali mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

    BalasHapus
  16. berkunjung disore hari yang cerah, salam persahabatan

    BalasHapus
  17. Mas Jaswan banyak pahalanya ini :)

    BalasHapus
  18. Aku juga nggak bisa lepas dari internet. Dan saya tahu bagaimana rasanya menjadi murid yang selalu bertanya pada gurunya. Asal tahu saja, dulunya aku juga termasuk gaptek yang namanya ms word, excel apalagi internet. untungnya guru saya sabar mengajari saya.

    BalasHapus
  19. betul,,,contohnya kita,,dari internet kita saling kenal :)

    BalasHapus